Skip to main content

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL

I.         Identitas
A. Satuan Pendidikan                  : SMA N 5 Yogyakarta
B. Tahun Ajaran                           : 2016/2017
C. Sasaran Pelayanan                   : Siswa kelas XI IPA 2
D. Pelaksana                                : Guru Bimbingan dan Konseling
E. Pihak Terkait                           : -
II.      Waktu Dan Tempat
A. Tanggal                                   : 6 Agustus 2017
B. Jam Pelayanan ke                    : 10.40 – 11.25
C. Volume Waktu (JP)                 : Satu jam pelajaran (1 x 45 menit)
D. Spesifikasi Tempat layanan     : Ruang Kelas XI IPA 2
III.   Fungsi Layanan
A.    Pemahaman    yaitu membantu konseli agar memiliki pemahaman yang lebih terkait dengan bagaimana menjaga lingkungan hidup dan melestarikannya
B.     Pengembangan yaitu membantu konseli agar dapat mengembangkan nilai-nilai sosialnya dalam menjaga lingkungan hidup serta dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar
IV.   Tujuan
A.    Tujuan Umum                        :  Memantapkan nilai-nilai terkait dengan
melestarikan lingkungan hidup dan dapat berperan dalam kehidupan bermasyarakat
B.     Tujuan Khusus                       : Membantu siswa agar mampu memahami serta
menerapkan tentang bagaimana menjaga lingkungan hidup dan melestarikannya
V.      Bidang BK                                  : Sosial
VI.   Jenis Layanan                            : Bimbingan Klasikal
VII.Materi Layanan                         :
A.    Tema/Pokok Materi                : Partisipasi pada Lingkungan Hidup
B.     Sub tema/ Sub materi             : Yuk Jaga Alam Sekitar Kita
C.     Metode                                   : Diskusi
VIII.       Sarana
A. Media                                 : Video
B. Perlengkapan                      : Laptop, LCD, Kertas HVS, lembar evaluasi
IX.   Langkah-Langkah Kegiatan
A.       Langkah Pendahuluan
1.        Mengucapkan salam dan berdoa
2.        Menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa terlebih dahulu
3.        Membina hubungan baik dengan siswa dengan menanyakan kabar pada peserta didik ataupun kegiatan persekolahannya
4.        Mengecek kehadiran peserta didik
5.        Meyampaikan judul materi yang akan dibahas
6.        Menyampaikan tujuan layanan
B.       Langkah Inti
1.        Guru menyampaikan materi tentang “Yuk Jaga Alam Sekitar Kita”
2.        Guru memutarkan sebuah video terkait materi yang akan disampaikan
3.        Guru melakukan sebuah proses tanya jawab dengan peserta didik terkait dengan video tersebut
4.        Guru meminta agar semua siswa dibagi menjadi tiga kelompok
5.        Kemudian guru pembimbing membagikan sebuah kertas HVS untuk tiap-tiap kelompok dan meminta tiap kelompok untuk mendiskusikan serta menuliskan pengalaman-pengalaman mereka terkait menjaga lingkungan hidup
6.        Kemudian guru pembimbing meminta perwakilan tiap-tiap kelompok untuk maju ke depan kelas dan mempresentasikannya
7.        Guru pembimbing melakukan tanya jawab dan mengatur jalannya diskusi
C.       Langkah Penutup/Pengakhiran
1.        Guru melakukan follow up kepada siswa “apa yang dapat kalian pahami tentang materi yang telah didisampaikan?”
2.        Guru pembimbing memberikan penguatan materi
3.        Guru  membuat kesimpulan atas apa yang disampaikan dari materi.
4.        Guru menyampaikan rencana minggu depan sebelum mengakhiri pertemuan.
5.        Guru menutup kegiatan dengan berdoa dan mengucapkan salam.
X.      Penilaian Proses Dan Hasil
A. Penilaian Proses                      : Melakukan evaluasi keterlaksanaan rancangan
  pelaksanaan layanan dengan menggunakan 
  asesmen observasi atau pengamatan dilihat
  dari antusias dan keaktifan siswa
B. Penilaian Hasil                        : Mengukur tingkat pemahaman siswa dengan
  menggunakan angket terbuka.
XI.   Rencana Tindak Lanjut           
A.    Mengadakan bimbingan kelompok jika ada tiga siswa atau lebih yang belum paham tentang materi yang disampaikan.
B.     Mengadakan konseling individu jika ada satu atau dua siswa yang belum paham tentang materi yang disampaikan.
XII.          Sumber Bahan        :

Mahasiswa Praktikan



Beny Arifin Efendi
NIM. 1315001307                                         
 
Guru Pendamping Mahasiswa



Supardi, S.Pd 
NIP.196704202007011014
 
 



Materi Layanan
Pengertian dan Cara Menjaga Lingkungan Hidup
A.    Pengertian Lingkungan Hidup
Pengertian lingkungan hidup menurut Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto adalah segala sesuatu baik itu benda maupun kondisi yang berada didalam ruang yang kita tempati yang dapat mempengaruhi kehidupan kita. Secara garis besar lingkungan hidup dapat diartikan sebagai segala sesuatu baik itu benda, daya maupun kondisi yang terdapat didalam suatu tempat atau ruang tempat dimana manusia atau mahluk lainnya berada dan dapat mempengaruhi hidupnya
B.     Bagaimana Cara Melestarikan Lingkungan Hidup?
"Bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup?" mungkin itu merupakan sebuah pertanyaan yang sering kita dengar ketika didalam kelas atau diruangan seminar yang bertemakan lingkungan. Ketahuilah bahwa sebenarnya ada cara yang relatif sederhana yang bisa kita lakukan (semua dari kita) untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup yang berada disekitar kita. Dan inilah berbagai macam cara simple untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar:
1.      Menanam Pohon
Kita bisa melakukannya mulai dari halaman rumah kita dengan menanam pohon-pohon kecil seperti cabe, bawang, tomat dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengikuti acara-acara penanaman pohon yang sering dilakukan berbagai macam organisasi atau instansi baik itu yang dari Pemerintah maupun swasta.
2.      Menggunakan Kertas Sewajarnya
Untuk semua orang khususnya para pelajar, kita dianjurkan untuk menggunakan kertas secara wajar. Hal ini karena kertas dihasilkan dari kayu-kayu yang ada dihutan, dengan kata lain semakin banyak kertas yang kita gunakan semakin banyak pohon-pohon yang ditebang dihutan, maka berhematkan mulai sekarang.
3.      Menggunakan Sepeda
Selain dapat menyehatkan tubuh, bersepeda juga baik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita. Hal tersebut dikarenakan sepeda tidak mengeluarkan gas emisi layaknya mobil dan motor. Kita bisa menggunakan sepeda dalam menjalankan aktivitas-aktivitas kita seperti ke kantor, ke sekolah.
4.      Menggunakan Kendaraan Umum
Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk beraktivitas seperti ke sekolah atau berangkat kerja. Sebenarnya kendaraan umum juga menghasilkan emisi namun lebih sedikit daripada kendaraan sendiri yang memuat hanya sedikit penumpang. So, selain menjaga lingkungan ini juga baik untuk berhemat.


EVALUASI PROSES LAYANAN
NO
ASPEK TINGKAH LAKU
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Siswa antusias mengikuti layanan
Antusiasme siswa untuk menyimak materi
Siswa tampak aktif tanya jawab
Terjadi interaksi siswa
Siswa memberikan umpan balik layanan





Keterangan :
1 = tidak pernah                  2 = 1 kali          3=2-3 kali        4 = 4-5 kali              5 = > 5 kali
Catatan/Komentar
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Hari________Tgl_______Th____________
Observer :



EVALUASI HASIL LAYANAN
NAMA : .......................................
NIS : ...........................................

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya paham mengenai arti lingkungan hidup


2
Saya paham mengenai bagaimana cara menjaga lingkungan hidup


3
Saya merasa bahwa menjaga alam sekitar di rumah ataupun sekolah itu merupakan suatu hal yang sangat penting dan bermanfaat untuk ke depanya


4
Saya mampu menyampaiakan kembali materi-materi yang telah diberikan oleh guru BK




Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...