RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL TERJADWAL
I.
Identitas
A.
Satuan Pendidikan : SMA N 5 Yogyakarta
B.
Tahun Ajaran :
2016/2017
C.
Sasaran Pelayanan :
Siswa kelas XI IPA 2
D.
Pelaksana :
Guru Bimbingan dan Konseling
E.
Pihak Terkait :
-
II. Waktu Dan Tempat
A.
Tanggal :
6 Agustus 2017
B.
Jam Pelayanan ke : 10.40
– 11.25
C.
Volume Waktu (JP) : Satu jam pelajaran (1 x 45 menit)
D.
Spesifikasi Tempat layanan : Ruang
Kelas XI IPA 2
III. Fungsi Layanan
A.
Pemahaman yaitu membantu konseli agar memiliki pemahaman yang lebih terkait
dengan bagaimana menjaga lingkungan hidup dan melestarikannya
B.
Pengembangan
yaitu membantu konseli agar dapat mengembangkan nilai-nilai sosialnya dalam
menjaga lingkungan hidup serta dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar
IV.
Tujuan
A.
Tujuan
Umum :
Memantapkan nilai-nilai terkait dengan
melestarikan lingkungan hidup dan dapat berperan dalam kehidupan bermasyarakat
B.
Tujuan Khusus : Membantu siswa agar mampu memahami serta
menerapkan tentang bagaimana menjaga
lingkungan hidup dan melestarikannya
V. Bidang BK : Sosial
VI. Jenis Layanan : Bimbingan Klasikal
VII.Materi Layanan :
A.
Tema/Pokok Materi : Partisipasi pada Lingkungan Hidup
B.
Sub tema/ Sub materi : Yuk Jaga Alam Sekitar Kita
C.
Metode :
Diskusi
VIII.
Sarana
A. Media :
Video
B. Perlengkapan :
Laptop, LCD, Kertas HVS, lembar evaluasi
IX.
Langkah-Langkah Kegiatan
A.
Langkah Pendahuluan
1.
Mengucapkan
salam dan berdoa
2.
Menunjuk
salah satu siswa untuk memimpin doa terlebih dahulu
3.
Membina hubungan baik dengan siswa
dengan menanyakan kabar pada peserta didik ataupun kegiatan persekolahannya
4.
Mengecek kehadiran peserta didik
5.
Meyampaikan judul materi yang akan
dibahas
6.
Menyampaikan tujuan layanan
B. Langkah Inti
1.
Guru menyampaikan materi tentang “Yuk
Jaga Alam Sekitar Kita”
2.
Guru memutarkan sebuah video terkait
materi yang akan disampaikan
3.
Guru melakukan sebuah proses tanya jawab
dengan peserta didik terkait dengan video tersebut
4.
Guru
meminta agar
semua siswa dibagi menjadi tiga kelompok
5.
Kemudian
guru pembimbing membagikan sebuah kertas HVS untuk tiap-tiap kelompok dan
meminta tiap kelompok untuk mendiskusikan serta menuliskan
pengalaman-pengalaman mereka terkait menjaga lingkungan hidup
6.
Kemudian
guru pembimbing meminta perwakilan tiap-tiap kelompok untuk maju
ke depan kelas dan mempresentasikannya
7.
Guru
pembimbing melakukan tanya jawab dan mengatur jalannya diskusi
C. Langkah Penutup/Pengakhiran
1.
Guru melakukan follow up kepada siswa “apa yang dapat kalian pahami tentang materi
yang telah didisampaikan?”
2.
Guru pembimbing memberikan penguatan
materi
3.
Guru
membuat kesimpulan atas apa yang disampaikan dari materi.
4.
Guru menyampaikan rencana minggu depan
sebelum mengakhiri pertemuan.
5.
Guru menutup kegiatan dengan berdoa dan
mengucapkan salam.
X. Penilaian Proses Dan Hasil
A.
Penilaian Proses :
Melakukan evaluasi keterlaksanaan rancangan
pelaksanaan layanan dengan menggunakan
asesmen observasi atau pengamatan dilihat
dari antusias dan keaktifan siswa
B. Penilaian Hasil
: Mengukur tingkat
pemahaman siswa dengan
menggunakan angket
terbuka.
XI. Rencana Tindak Lanjut
A.
Mengadakan bimbingan kelompok jika ada
tiga siswa atau lebih yang belum paham tentang materi yang disampaikan.
B.
Mengadakan konseling individu jika ada
satu atau dua siswa yang belum paham tentang materi yang disampaikan.
XII.
Sumber Bahan :
|
|
Materi
Layanan
Pengertian dan Cara Menjaga Lingkungan Hidup
A. Pengertian Lingkungan Hidup
Pengertian lingkungan hidup menurut Prof. Dr. Ir. Otto
Soemarwoto adalah segala sesuatu baik itu benda maupun kondisi yang berada
didalam ruang yang kita tempati yang dapat mempengaruhi kehidupan kita. Secara garis besar lingkungan hidup dapat diartikan
sebagai segala sesuatu baik itu benda, daya maupun kondisi yang terdapat
didalam suatu tempat atau ruang tempat dimana manusia atau mahluk lainnya
berada dan dapat mempengaruhi hidupnya
B. Bagaimana Cara Melestarikan Lingkungan Hidup?
"Bagaimana
cara melestarikan lingkungan hidup?" mungkin
itu merupakan sebuah pertanyaan yang sering kita dengar ketika didalam kelas
atau diruangan seminar yang bertemakan lingkungan. Ketahuilah bahwa sebenarnya
ada cara yang relatif sederhana yang bisa kita lakukan (semua dari kita) untuk
bersama-sama melestarikan lingkungan hidup yang berada disekitar kita. Dan
inilah berbagai macam cara simple untuk menjaga kelestarian
lingkungan sekitar:
1.
Menanam Pohon
Kita bisa melakukannya mulai
dari halaman rumah kita dengan menanam pohon-pohon kecil seperti cabe, bawang,
tomat dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengikuti acara-acara penanaman pohon
yang sering dilakukan berbagai macam organisasi atau instansi baik itu yang
dari Pemerintah maupun swasta.
2.
Menggunakan Kertas Sewajarnya
Untuk semua orang khususnya
para pelajar, kita dianjurkan untuk menggunakan kertas secara wajar. Hal ini
karena kertas dihasilkan dari kayu-kayu yang ada dihutan, dengan kata lain
semakin banyak kertas yang kita gunakan semakin banyak pohon-pohon yang
ditebang dihutan, maka berhematkan mulai sekarang.
3.
Menggunakan Sepeda
Selain dapat menyehatkan
tubuh, bersepeda juga baik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar
kita. Hal tersebut dikarenakan sepeda tidak mengeluarkan gas emisi layaknya
mobil dan motor. Kita bisa menggunakan sepeda dalam menjalankan
aktivitas-aktivitas kita seperti ke kantor, ke sekolah.
4.
Menggunakan Kendaraan Umum
Kamu juga bisa menggunakan
kendaraan umum untuk beraktivitas seperti ke sekolah atau berangkat kerja.
Sebenarnya kendaraan umum juga menghasilkan emisi namun lebih sedikit daripada
kendaraan sendiri yang memuat hanya sedikit penumpang. So, selain menjaga
lingkungan ini juga baik untuk berhemat.
EVALUASI
PROSES LAYANAN
NO
|
ASPEK
TINGKAH LAKU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
2
3
4
5
|
Siswa
antusias mengikuti layanan
Antusiasme
siswa untuk menyimak materi
Siswa
tampak aktif tanya jawab
Terjadi
interaksi siswa
Siswa
memberikan umpan balik layanan
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = tidak pernah 2 = 1 kali 3=2-3 kali 4 = 4-5 kali 5 = > 5 kali
|
||||||
Catatan/Komentar
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
||||||
Hari________Tgl_______Th____________
|
Observer :
|
EVALUASI
HASIL LAYANAN
NAMA :
.......................................
NIS :
...........................................
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya paham mengenai arti lingkungan
hidup
|
|
|
2
|
Saya
paham mengenai bagaimana cara menjaga lingkungan hidup
|
|
|
3
|
Saya merasa bahwa menjaga alam sekitar
di rumah ataupun sekolah itu merupakan suatu hal yang sangat penting dan
bermanfaat untuk ke depanya
|
|
|
4
|
Saya mampu menyampaiakan kembali materi-materi
yang telah diberikan oleh guru BK
|
|
|
Comments
Post a Comment