RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A A.
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya
|
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Peserta didik/konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di
dalam hidupku
2.
Peserta didik/konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan
YME
3.
Peserta didik/konseli dapat
meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME
|
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
7...
|
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Mengenal Tuhan
2.
Tanda-tanda kebesaran Tuhan YME
3.
Pentingnya Iman dan Taqwa pada Tuhan YME,
|
|
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 45 Menit
|
|
J
|
Sumber
|
1. Slamet, dkk
2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta,
Paramitra Publishing
2. Prayitno.2015. Keluhuran Iqro’ untuk Kehidupan. Padang: PT.Graha Cipta Media
3.
Triyono, Mastur, 2014, Materi
Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku
|
|
M
|
Pelaksanaan
|
||
1. Tahap Awal /Pedahuluan
|
|||
a. Pernyataan Tujuan
|
1. Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta
didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
|
||
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1.
Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta
didik
2.
Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan
kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
|
||
c. Mengarahkan kegiatan
(konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan
dibicarakan
|
||
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
||
2. Tahap Inti
|
|||
a.
Kegiatan
peserta didik
|
1. Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2. Melakukan
Brainstorming/curah
pendapat
3. Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.
Setiap kelompok mempresetasikan
tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian
sampai selesai.
|
||
|
b.
Kegiatan
Guru BK/Konselor
|
1.
Menayangkan media
slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.
Mengajak peserta didik untuk
brainstorming/curah pendapat
3.
Membagi kelas menjadi beberapa
kelompok (6 kelompok)
4.
Memberi tugas (untuk diskusi
kelompok)
5.
Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.
Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.
Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan
|
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan hasil
kegiatan
2.
Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan
kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara
lisan
3.
Guru
BK memberi penguatan dan rencana tindak
lanjut
4.
Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
|
|
N
|
Evaluasi
|
||
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK
atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan di
kertas yang sudah
disiapkan.
2. Mengamati sikap atau atusias peserta didik
dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati cara
peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara peserta didik dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru BK
|
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi dengan
instrumen yang sudah disiapkan, antara lain :
1. Evaluasi tentang suasana pertemuan dengan
instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasi terhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasi terhadap cara Guru
BK dalam menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami
4. Evaluasi terhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi/Slide power
point
2.
Lembar kerja siswa
Sleman,
18 Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP Guru
BK
Drs. Konselor, M.Pd.Kons. Beny, S.Pd.,M.Pd.
NIP
19640209 199203 1 003
NIP 19990209 201503 1 001
Lampiran 1.
Uraian Materi
TUHAN
SELALU HADIR DI DALAM HIDUPKU
Mengenal Tuhan
Ibadah
tidak hanya terfokus pada ibadah dalam masjid, gereja dan sebagainya, tetapi
ibadah dapat mencakup keseluruhan aktifitas hidup kita. Ibadah dapat kita
lakukan dengan hati, dengan lisan dan dengan amal perbuatan sehari-hari. Ada
pepatah mengatakan tak kenal tak sayang, tak sayang tak cinta. Pertanyaannya
sekarang sudahkah kita dicintai Tuhan? Bagaimana kita akan berharap dicintai
Tuhan, sedangkan kita sendiri tidak berusaha mengenalnya! Padahal jelas Tuhan
itu Maha Pengasih dan Penyayang!
Ada beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan agar kita
dapat mengenal lebih dekat dengan Tuhan
kita, yaitu :
1.
Berusahalah merenung dan
berdzikir, bahwa kita ini adalah makhluk yang selalu membutuhkan
pertolongan-Nya, kita adalah ciptaan Tuhan yang selalu merasakan Tuhan hadir
diantara kita.
2.
Bersyukurlah atas semua
karunia nikmat yang diberikan-Nya. Kita diberi kesehatan, kekuatan, dll. Mari
kita gunakan untuk beribadah kepada-Nya. Kita harus selalu bersyukur baik
dikala susah maupun dikala senang
3.
Perkaya diri kita dengan
ilmu pengetahuan, yaitu dengan sungguh dalam belajar.
4. Kalau
ilmu pengetahuan sudah kita dapat, marilah kita gunakan untuk mengkaji
kitab-kitabnya. Agar ibadah kita lebih mantab dan bermakna kalau kita landasi
dengan ilmu pengetahuan yang luas.
5. Berusaha
mengenal tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan, diantaranya :
a. Penciptaan Langit
Langit merupakan ciptaan Allah yang sangat
indah. Setiap
manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari
maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar
biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus
angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.
manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari
maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar
biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus
angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.
b. Penciptaan Bumi
Bumi dan segala keindahannya ini sangat kaya
dengan ayat-
ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini,
manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.
Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun
pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta
penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan
Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar
kepada-Nya.
ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini,
manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.
Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun
pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta
penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan
Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar
kepada-Nya.
c. Lautan
Coba kita renungkan bagaimana Allah telah
menundukkan
lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan
bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan
luas ? Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi
lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan
bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan
luas ? Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi
karena adanya perbedaan jenis air laut dan
kapal serta terciptanya
ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun
begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak
menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah
dan kebesarannya.
ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun
begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak
menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah
dan kebesarannya.
d. Hubungan Angin dengan Air Hujan
Air hujan yang diturunkan ke bumi oleh Allah
adalah nikmat
yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu
membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak
dapat tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah
berbagai jenis tumbuhan.
yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu
membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak
dapat tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah
berbagai jenis tumbuhan.
e. Awan
Awan merupakan fenomena unik dari sebuah
proses terjadi
dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia
dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi
dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim
dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan
terjaga.
dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia
dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi
dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim
dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan
terjaga.
Lampiran 2. Instrumen Penilian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1. Tulislah kebiasaan-kebiasaan positif dan kekurangan kamu ketika akan
melakukan ibadah!
2. Kepada siapa kamu bersyukur diterima di sekolah ini ?
3. Adakah campur tangan Tuhan dalam penerimaan ini ?
4. Coba ceritakan campur tangan Tuhan pada dirimu!
5. Dalam hal apa saja kamu bersyukur pada Tuhan?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S
(setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V)
pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK
SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi
layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, timbul kesadaran sayauntuk melibatkan
Tuhan dalam kehidupan
|
|
|
4.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku saya menyadari bahwa saya sering
lupa melibatkan Tuhan dalam kehidupan
|
|
|
5.
|
Materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku,
menyadarkan saya akan pentinya melibatkan Tuhan dalam kehiduapn
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, melakukan kegiatan dengan :
Tujuan : mengenal kebesaran tuhan melalui ciptaan-Nya
Alat : Gambar dari suatu tumbuhan, sayuran,
atau hewan yang sangat kecil, cotohnya ; lombok warna-warni, nyamuk, semut,
ganggang, rumput, dll
Deskripsi Kegiatan : (dalam buku
matari)
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES YANG DINILAI
|
HASIL PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1. Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
2. Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3. Metode yang digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
|
4. Menggunakan media layanan BK
|
|
|
|
|
5. RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan,
Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1. Peserta didik memperoleh pemahaman baru
|
|
|
|
|
2. Peserta didik mempunyai perasaan positif
|
|
|
|
|
3. Peserta didik berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4. Peserta didik terentaskan masalahannya
|
|
|
|
|
5. Berkembangnya PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1. Peserta didik antusias mengikuti materi layanan
BK
|
|
|
|
|
2. Peserta didik aktif bertanya
|
|
|
|
|
3. Peserta didik aktif menjawab
|
|
|
|
|
4. Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan
konselor
|
|
|
|
|
5. Peserta didik hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1. Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta
didik
|
|
|
|
|
2. Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
3. Materi layanan sesuai tugas perkembangan peserta didik
|
|
|
|
|
4. Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
|
5. Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah
ditentukan
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP Guru
BK
Drs.
Konselor, M.Pd.Kons. Beny, S.Pd.,M.Pd.
NIP
19640209 199203 1 003
NIP 19990209 201503 1 001
Comments
Post a Comment