Skip to main content

Ragam Bahasa Indonesia


Ragam Bahasa Indonesia
Bab I.  
Ragam bahasa indonesia terbagi atas lima bagian, yaitu :
  • Tempat : Dialek Jakarta, dialek Manado, dsb.
  • Penutur : Golongan Cedekiawan dan bukan golongan Cedekiawan.
  • Sarana : Ragam Lisan dan Ragam Tulisan.
  • Bidang Penggunaan : Ragam Ilmu, Ragam Surat Kabar, dsb.
  • Suasana Penggunaan : Ragam Resmi dan Ragam Santai.
Sifat Ragam Bahasa Ilmu :
  1. Baku
  2. Konotatif
  3. Berkomunikasi dengan pikiran bukan dengan perasaan.
  4. Kohesif
  5. Koheren
  6. Mengutamakan kalimat pasif
  7. Konsisten
  8. Logis
  9. Efektif
  10. Kuantitatif
1. Baku
Ragam bahasa ilmu harus mengnikuti kaidah-kaidah bahasa baku, yaitu dalam ragam tulisan menggunakan ejaan yang baku yakni EYD, dan dalam ragam lisan menggunakan ucapan yang baku, menggunakan kata-kata, struktur frasa, dan kalimat yang baku atau sudah di bakukan.
Contoh :
Dikarenakan kekurangan dana, modal, tenaga ahli, dan lain sebagainya, maka proyek pembangunan sarana telekomunikasi Indonesia bagian  timur kita terpaksa serahkan kepada pengusaha asing.(tidak baku)
 Perbaikan :
Karena kekurangan modal, tenaga, dan lain-lain, maka proyek pembangunan sarana telekomunikasi di Indonesia timur terpaksa kita serahkan kepada pengusaha asing. (baku) 


2. Denotatif
Kata-kata dan istilah yang digunakan haruslah bermakna lugas, bukan konotatif dan tidak bermakna ganda.
Contoh :
Sampe saat ini masyarakat desa Bojong Soang belum memperoleh yang memadai. (tidak lugas)
Maksud kalimat diatas tidak jelas karena kata penerangan mengandung makna ganda, yaitu informasi atau listrik.
Perbailkan :
Sampai saat ini masyarakat desa Bojong soang belum memperoleh informasi yang memadai
Atau
Sampe saat ini masyarakat desa Bojong soang belum memperoleh listrik yang memadai.

3. Berkomunikasi dengan pikiran daripada perasaanRagam bahasa ilmu lebih bersifa ttenang, jelas, tidak berlebih-lebihan ata uhemat, dan tidak emosional.
Contoh:
Sebaiknya letak kampus tidak dekat dengan pasar, stasiun, terminal, atau tempat-tempat ramai lain-lainnya, sebab jika dekat dengan tempat-tempat ramai seperti itu kegiatan belajar akan mengalami gangguan. (tidakefisien).
Perbaikan:
Sebaiknyaletakkampustidakberdekatandengantempat-tempatyang ramaisupayakegiatanbelajartidakterganggu. (efisien)

4.Kohesif
Agar tercipta hubungan gramatik antara unsur-unsur, baik dalam kalimat maupun dalam alinea, dan juga hubungan antar alinea yang satu dengan alinea yang lainnya bersifat padu maka digunakan alat-alat penghubun. seperti kata-kata penunjuk, dan kata-kata penghubung.
5.Koheren
Semua unsur pembentuk kalimat atau alinea mendukung satu makna atau ide pokok.
6.Mengutamakan Kalimat Pasif
Contoh:
Penulis melakukan penelitian ini di laboratorium.
Perbaikan:
Penelitian ini dilakukan di laboratorium.
7.Konsisten
Konsisten dalam segala hal, misalnya dalam penggunaan istilah, singkatan, tanda-tanda, dan juga penggunaan kata ganti diri.
8.Logis
Ide atau pesan yang disampaikan melalui bahasa Indonesia ragam ilmiah dapat diterima akal.
Contoh:
Alat itu basah kena bensin, tetapi sebentar lagi juga akan menguap. (tidaklogis)
Perbaikan:
Alat itu basah kena bensin, tetapi sebentar lagi bensn itu akan menguap.
9.Efektif
Ide yang diungkapkan sesuai dengan ide yang dimaksudkan baik oleh penutur atau oleh penulis, maupun oleh penyimak atau pembaca.
10.Kuantitatif
Keterangan yang dikemukakan pada kalimat dapat diukur secara pasti.
Contoh:
Untuk menanam pohon itu, diperlukan lubang yang cukup dalam.
Perbaikan:
Untuk menanam pohon itu, diperlukan lubang dengan kedalaman satu meter.


Bab II. Kesalahan Umum Berbahasa Indonesia
Dalam pemakaian bahasa Indonesia, termasuk bahasa Indonesia ragam ilmiah, sering dijumpai  penyimpangan dari kaidah yang berlaku sehingga mempengaruhi kejelasan pesan yang disampaikan.
Penyimpangan / kesalahan umum dalam berbahasa Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
1.Hiperkorek
Hiperkorek adalah kesalahan berbahasa karena “membetulkan” bentuk yang sudah benar sehingga menjadi salah.
Contoh:
           utang (betul) menjadi hutang (hiperkorek)
           insaf (betul) menjadi insyaf (hiperkorek)
           pihak (betul) menjadi fihak (hiperkorek)
           jadwal (betul) menjadi jadual (hiperkorek)
           asas (betul) menjadi azas (hiperkorek)
2.Pleonasme
Pleonasme adalah kesalahan berbahasa karena kelebihan dalam pemakaian kata yang sebenarnya tidak diperlukan.
Pleonasme ada tiga macam :
a. Penggunaan dua kata yang bersinonim dalam satu kelompok kata
           zaman dahulu (benar)
           dahulu kala (benar)
           zaman dahulu kala (pleonasme)
b. Bentuk jamak dinyatakan dua kali
           ibu-ibu (benar)
           para ibu (benar)
           parai bu-ibu (pleonasme)
           tolong-menolong (benar)
           saling menolong (benar)
           saling tolong-menolong (pleonasme)
c. Penggunaan kata tugas (keterangan) yang tidak diperlukan karena pernyataannya sudah cukup jelas
Contoh:
           maju ke depan
           kambuh kembali

3.Kontaminasi
Istilah kontaminasi dipungut dari bahasa Inggris contamination (pencemaran). Dalam ilmu bahasa, kata itu diterjemahkan dengan ‘kerancuan’. Rancu artinya ‘kacau’ dan kerancuan artinya ‘kekacauan’.
Yang dimaksud kacau ialah susunan unsur bahasa yang tidak tepat, seperti morfem dan kata.
Morfem-morfem yang salah disusun menimbulkan kata yang salah bentuk.
Kata yang salah disusun menimbulkan frase yang kacau atau kalimat yang kacau.
Kontaminasi terjadi karena salah nalar, penggabungan dua hal yang berbeda sehingga menjadi suatu hal yang tumpang tindih.
Contoh kontaminasi imbuhan:
(meng+kesamping+kan) → mengesampingkan (benar)
    (men+samping+kan)     menyampingkan (benar)
                                                          
                                             mengenyampingkan
                                                   (kontaminasi)

Contoh kontaminasi frase:
           Kadang-kadang (benar)
           Ada kala(nya) (benar)
           Kadang kala (kontaminasi)
           Berulang-ulang (benar)
           Berkali-kali (benar)
           Berulang kali (kontaminasi)
Contoh kontaminasi kalimat:
           Rapat itu dihadiri oleh para pejabat setempat. (benar)
           Dalam rapat itu, hadir para pejabat setempat. (benar)
           Dalam rapat itu dihadiri oleh para pejabat setempat. (kontaminasi)
           Anak-anak dilarang merokok. (benar)
           Anak-anak tidak boleh merokok. (benar)
           Anak-anak dilarang tidak boleh merokok. (kontaminasi)
4.Perombakan Bentuk Pasif
Perombakan bentuk pasif ada tiga :
a. Pemakaian awalan di-untuk bentuk pasif yang seharusnya tidak berawalan di-
Contoh:
           Buku itu dibaca oleh saya. (tidakbaku)
           Buku itu saya baca. (baku)
           Buku itu dibaca oleh kamu. (tidakbaku)
           Buku itu kamu baca. (baku)
b. Penghilangan awalan di-untuk bentuk pasif yang seharusnya menggunakan awalan di-
Contoh:
           Buku itu dibaca oleh mereka. (baku)
           Buku itu mereka baca. (tidakbaku)
           Buku itu dibaca oleh Amin.(baku)
           Buku itu Amin baca. (tidakbaku)
c. Penyisipan kata diantara dua kata dari sebuah frase terikat
Contoh:
           Buku itu saya akan baca. (tidakbaku)
           Buku itu akan saya baca. (baku)
           Masalah itu kami sudah bahas kemarin. (tidakbaku)
           Masalah itu sudah kami bahas kemarin. (baku)
5.Kesalahan berbaha sayang berhubungan dengan pemakaian / penghilangan kata tugas. Kesalahan pemakaian kata tugas dalam berbahasa Indonesia ada tiga macam :
a. Ketidak tepatan kata tugas yang digunakan
Contoh : Hasil dari pada penelitian itu sangat memuaskan.(tidaktepat) Hasil penelitian itu sangat memuaskan. (baku).
b. Pemakaian kata tugas yang tidak diperlukan.
Contoh :
           Kepada mahasiswa yang terlambat tidak diizinkan mengikuti kuliah. (tidakbaku)
           Mahasiswa yang terlambat tidak diizinkan mengikuti kuliah. (baku)
c.Penghilangan kata tugas yang diperlukan
Contoh :
           Dia bekerja sesuai peraturan yang berlaku. (tidakbaku)
           Dia bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. (baku)

6.Pengaruh bahasa daerah
Pengaruh bahasa daerah yang menimbulkan kesalahan dalam berbahasa Indonesia ada dua macam.
a. Pengaruh dalam pembentukan kata, yaitu pemakaian awalan ke- (yang seharusnya awalan ter-) dan penghilangan imbuhan.
Contoh pemakaian awalan ke- :
           ketabrak, kepukul (tidakbaku)
           tertabrak, terpukul (baku)
Contoh penghilangan imbuhan:
           Hasil penelitiannya beda dengan hasil penelitian saya. (tidakbaku)
           Hasil penelitiannya berbeda dengan hasil penelitian saya. (baku)
           Pegawai itu dipindah keluar kota. (tidakbaku)
           Pegawai itu dipindahkan keluar kota. (baku)
b. Pengaruh dalam susunan kalimat, penggunaan akhiran –nya
Contoh :
           Rumahnya Pak Ahmad sangat besar. (tidakbaku)
           Rumah Pak Ahmad sangat besar. (baku)
7.Pengaruh bahasa asing
Pengaruh bahasa asing yang menimbulkan kesalahan dalam berbahasa Indonesia ialah pemakaian kata tugas (kata ganti penghubung) seperti: yang mana, dimana, kepada siapa.

Contoh :
           Baju yang mana baru saya beli, telah sobek. (tidakbaku)
           Baju yang baru saya beli, telah sobek. (baku)
           Bandung dimana saya dilahirkan sekarang sangat panas. (tidakbaku)
           Bandung tempat saya dilahirkan sekarang sangat panas. (baku)
           Orang kepada siapa ia berlindung, kemarin meninggal dunia.(tidakbaku)
           Orang tempat ia berlindung, kemarin meninggal dunia.(baku)
IKUT KELOMPOK 1

Sumber :  klik disini (http://ibuku.zxq.net)

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Karena kekurangan modal, tenaga, dan lain-lain, maka proyek pembangunan sarana telekomunikasi di Indonesia timur terpaksa kita serahkan kepada pengusaha asing. (baku)

Kalimat di atas adalah kalimat pembetulan dari kalimat sebelumnya. Menurur saya kalimat di atas masih salah karena pemunculan konjungsi "maka" di tengah kalimat, padahal di awal kalimat sudah dimunculkan konjungsi "karena" yang secara mudah disebut sebagai kesalahan -karena, maka.-
6 Mei 2013 10.36


Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...