Skip to main content

CONTOH RPL KLASIKAL BK tips belajar efektif


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL


I.       IDENTITAS
A.     Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 5 Yogyakarta
B.     Tahun Ajaran                           : 2016-2017, Semester 3
C.     Sasaran Pelayanan                 : Kelas XI
D.     Pelaksana                               : Praktikan
E.     Pihak Terkait                           : Guru BK
II.       WAKTU DAN TEMPAT
A.     Tanggal                                   : 12 Agustus 2016
B.     Jam Pelayanan                       : 09.00-09.45
C.     Volume Waktu (JP)                : 1 Jam Pelajaran 1 x 45 menit
D.     Spesifikasi Tempat Layanan  : Ruang kelas XI
III.       FUNGSI LAYANAN                      : Fungsi Pemahaman
KOMPETENSI                              : Pemahaman siswa terkait tips belajar efektif
IV.       TUJUAN
A.    Tujuan Umum                         : Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan                                                              pemecahan masalah secara objektif
B.    Tujuan Khusus                        : Siswa mampu memahami tips belajar efektif
V.       BIDANG BIMBINGAN DAN
KONSELING                                 : Bidang Belajar
VI.       JENIS LAYANAN                         : Bimbingan Klasikal
VII.       MATERI LAYANAN                                
A.     Tema/Pokok Materi                : Kemampuan Intelektual
B.     Subtema/Sub Materi               : “Tips Belajar Efektif”
VIII.       SARANA
A.     Media                                      : Video
B.     Perlengkapan                          : LCD, Laptop
IX.       LANGKAH KEGIATAN
A.     LANGKAH PENDAHULUAN
1.      Membina hubungan baik dengan peserta didik.
2.      Menyampaikan tujuan layanan.
3.      Mengajak peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan layanan
B.     LANGKAH INTI
1.   Peserta didik mengamati media pengantar terhadap materi layanan.
2.   Peserta didik mengeksplorasi pengalaman yang berhubungan dengan materi.
3.   Konselor mengajak peserta didik mengumpulkan/mengakses informasi untuk menguatkan kesadaran perilaku sesuai materi.
4.   Peserta didik menarik generalisasi.
5.   Guru BK/Konselor memberikan penguatan pemahaman materi secara utuh.
6.   Peserta didik dengan bimbingan konselor mengembangkan rencana perilaku atas dasar pengetahuan dan keterampilan baru yang dimiliki.
C.     LANGKAH PENUTUP/PENGAKHIRAN
1.   Merefleksi proses dan hasil layanan
2.   Mengevaluasi proses dan hasil
3.   Menguatkan komitmen peserta didik terhadap hasil layanan
4.   Merencanakan tindak lanjut
X.        PENILAIAN PROSES DAN HASIL
A.   Penilaian Proses                     : Mengukur partisipasi siswa selama kegiatan                                                                         berlangsung dengan observasi.
B.   Penilaian Hasil             : Mengukur pemahaman siswa tentang tips belajar                                                                 efektif dengan angket terbuka.
XI.        TINDAK LANJUT                                    : Rencana kegiatan pada siswa yang belum                                                                      mencapai tujuan maka perlu dilakukan                                                                                  bimbingan kelompok.
XII.        SUMBER  BAHAN                      : Sukmadinata, Nana Syaodih, dkk. 2003. Materi                                                              Bimbingan dan Konseling (Untuk Pengembangan Diri,                                                        Sosial dan Karir). Bandung: Mutiara
Guru Pendamping Mahasiswa                                          Praktikan
     

Supardi, S.Pd                                                                     Beny Arifin Efendi
NIP.196704202007011014                                                NIM.1315001307

Lampiran :
1.    Materi Layanan
2.    Format Evaluasi Proses
3.    Format Evaluasi Hasil

1. Materi Layanan
Tips Cara Belajar Efektif
1)    Tetapkanlah niat dalam hati bahwa kita belajar ikhlas hanya semata-mata mengharap keridhaan Allah, bukan karena dipaksa orang tua.
2)    Perhatikan dengan seksama saat guru menerangkan pelajaran.
3)    Jangan sekali-kali menganaktirikan suatu pelajaran atau guru, sebab jika kita sudah tak senang dengan guru atau pelajarannya maka hasilnya akan buruk.
4)    Lakukan belajar dengan rutin. Ujian atau tidak ujian tetaplah belajar.
5)    Biasakanlah mengulang pelajaran di pagi hari.
6)    Percaya pada diri sendiri. Berkatalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa, kamu mampu. Tentunya setelah berusaha sebaik-baiknya. Jangan pernah takut menghadapi ujian. Bahkan jadikan ujian sebagai sarana mengukur pemahaman, seberapa besar kamu memahami dan menguasai pelajaran yang diberikan. Karena itu jangan pernah dustai dirimu sendiri dengan menyontek.
7)    Tingkatkan selalu frekuensi ibadahmu.



2.    Evaluasi Proses
EVALUASI PROSES LAYANAN
NO
ASPEK TINGKAH LAKU
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Siswa Antusias mengikuti layanan
Antusiasme siswa untuk memberikan tanggapan
Siswa tampak aktif diskusi
Terjadi interaksi siswa
Siswa memberikan umpan balik layanan





Keterangan :
1 = tidak pernah                  2 = 1 kali          3=2-3 kali        4 = 4-5 kali              5 = > 5 kali
Catatan/Komentar
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Hari________Tgl_______Th____________
Observer :


3.    Format Evaluasi Hasil
EVALUASI HASIL LAYANAN
NAMA : .......................................
NIS : ...........................................

1.    Apa yang anda pahami tentang belajar efektif?
...................................................................... ......................................................................
......................................................................

2.    Seberapa penting menurut anda untuk belajar secara efektif?
............................................................................. ..........................................................................
......................................................................

3.    Bagaimana cara belajar efektif yang dapat anda lakukan?
......................................................................
.............................................................................. ......................................................................



Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...