RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL TERJADWAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 5 Yogyakarta
B.
Tahun Ajaran :
2016-2017, Semester 3
C.
Sasaran Pelayanan :
Kelas XI
D.
Pelaksana :
Praktikan
E.
Pihak Terkait :
Guru BK
II.
WAKTU DAN TEMPAT
A. Tanggal : 12 Agustus 2016
B. Jam Pelayanan : 09.00-09.45
C. Volume Waktu (JP) : 1 Jam Pelajaran 1 x 45 menit
D. Spesifikasi Tempat Layanan : Ruang kelas XI
III.
FUNGSI LAYANAN :
Fungsi Pemahaman
KOMPETENSI :
Pemahaman siswa terkait tips belajar
efektif
IV.
TUJUAN
A.
Tujuan Umum : Mempelajari
cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
B.
Tujuan Khusus : Siswa mampu memahami tips belajar efektif
V.
BIDANG BIMBINGAN DAN
KONSELING :
Bidang Belajar
VI.
JENIS LAYANAN : Bimbingan Klasikal
VII.
MATERI LAYANAN
A. Tema/Pokok Materi : Kemampuan
Intelektual
B. Subtema/Sub Materi : “Tips Belajar Efektif”
VIII. SARANA
A.
Media :
Video
B.
Perlengkapan :
LCD, Laptop
IX. LANGKAH KEGIATAN
A.
LANGKAH PENDAHULUAN
1. Membina hubungan baik dengan peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan layanan.
3. Mengajak peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan
layanan
B. LANGKAH INTI
1. Peserta didik mengamati media pengantar terhadap materi
layanan.
2. Peserta didik mengeksplorasi pengalaman yang berhubungan
dengan materi.
3. Konselor mengajak peserta didik mengumpulkan/mengakses
informasi untuk menguatkan kesadaran perilaku sesuai materi.
4. Peserta didik menarik generalisasi.
5. Guru BK/Konselor memberikan penguatan pemahaman materi
secara utuh.
6. Peserta didik dengan bimbingan konselor mengembangkan
rencana perilaku atas dasar pengetahuan dan keterampilan baru yang dimiliki.
C. LANGKAH PENUTUP/PENGAKHIRAN
1. Merefleksi proses dan hasil layanan
2. Mengevaluasi proses dan hasil
3. Menguatkan komitmen peserta didik terhadap hasil layanan
4. Merencanakan tindak lanjut
X.
PENILAIAN PROSES DAN
HASIL
A. Penilaian Proses :
Mengukur partisipasi siswa selama kegiatan berlangsung dengan observasi.
B. Penilaian Hasil : Mengukur pemahaman siswa tentang tips belajar efektif dengan
angket terbuka.
XI.
TINDAK LANJUT :
Rencana kegiatan pada siswa yang belum mencapai tujuan maka perlu dilakukan bimbingan kelompok.
XII.
SUMBER BAHAN :
Sukmadinata,
Nana Syaodih, dkk. 2003. Materi Bimbingan dan Konseling (Untuk Pengembangan
Diri,
Sosial dan Karir). Bandung: Mutiara
Guru
Pendamping Mahasiswa Praktikan


NIP.196704202007011014 NIM.1315001307
Lampiran :
1. Materi Layanan
2. Format
Evaluasi Proses
3. Format
Evaluasi Hasil
1. Materi Layanan
Tips Cara Belajar Efektif
1)
Tetapkanlah
niat dalam hati bahwa kita belajar ikhlas hanya semata-mata mengharap keridhaan
Allah, bukan karena dipaksa orang tua.
2)
Perhatikan
dengan seksama saat guru menerangkan pelajaran.
3)
Jangan
sekali-kali menganaktirikan suatu pelajaran atau guru, sebab jika kita sudah
tak senang dengan guru atau pelajarannya maka hasilnya akan buruk.
4)
Lakukan
belajar dengan rutin. Ujian atau tidak ujian tetaplah belajar.
5)
Biasakanlah
mengulang pelajaran di pagi hari.
6)
Percaya
pada diri sendiri. Berkatalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa, kamu mampu. Tentunya
setelah berusaha sebaik-baiknya. Jangan pernah takut menghadapi ujian. Bahkan
jadikan ujian sebagai sarana mengukur pemahaman, seberapa besar kamu memahami
dan menguasai pelajaran yang diberikan. Karena itu jangan pernah dustai dirimu
sendiri dengan menyontek.
7)
Tingkatkan
selalu frekuensi ibadahmu.
2.
Evaluasi
Proses
EVALUASI PROSES LAYANAN
NO
|
ASPEK
TINGKAH LAKU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
2
3
4
5
|
Siswa Antusias mengikuti layanan
Antusiasme siswa untuk memberikan tanggapan
Siswa tampak aktif diskusi
Terjadi interaksi siswa
Siswa memberikan umpan balik layanan
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = tidak pernah
2 = 1 kali 3=2-3
kali 4 = 4-5 kali 5 = > 5 kali
|
||||||
Catatan/Komentar
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
||||||
Hari________Tgl_______Th____________
|
Observer :
|
3. Format Evaluasi Hasil
EVALUASI HASIL LAYANAN
NAMA : .......................................
NIS : ...........................................
1.
Apa
yang anda pahami tentang belajar efektif?
......................................................................
......................................................................
......................................................................
2.
Seberapa
penting menurut anda untuk belajar secara efektif?
.............................................................................
..........................................................................
......................................................................
3.
Bagaimana cara belajar efektif yang dapat anda lakukan?
......................................................................
..............................................................................
......................................................................
Comments
Post a Comment