Skip to main content

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
A
Komponen Layanan
Layanan responsif
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Fungsi Layanan
Pengembangan dan Pengentasan
D
Hari, Tanggal
September
E
Pertemuan Ke-
1 (satu)

Tujuan
1.      Mengubah perilaku konseli yang tidak adaptif menjadi perilaku yang adaptif.
2.      Untuk memotivasi adanya perubahan perilaku, maka diperlukan kondisi-kondisi yang mengikat demi tercapainya perilaku yang dikehendaki
3.      Membantu konseli dalam membentuk perilaku tertentu yang diinginkan dan memperoleh ganjaran tertentu
F
Nama Konseli
A, B, C, D, dan E
G
Waktu
2 x 45 menit
H
Kelas
XI
I
Tempat
Ruang BK
J
Topik Permasalahan

K
Media yang diperlukan
Kertas HVS, pena, dan beberapa buku bacaan untuk reward
L
Sumber Bacaan
Natawidjaja, Rohman. 2009. Konseling Kelompok: Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Pzress
Komalasari, Gantina dan Karsih Eka Wahyuni. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks
M
Pendekatan/teknik
Behavior/Kontrak Perilaku

Tahapan Kerja


1.      Pelaksanaan

a.       Tahap Awal
1)      Membangun hubungan baik (rapport)
PK harus membina hubungan baik dengan anggota kelompok dengan cara:
a)      PK Menyambut anggota kelompok dengan hangat dan rileks
b)      Melakukan perkenalan Pemimpin Kelompok (PK) kepada anggota kelompok
c)      PK Melaksanakan pengakraban dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, menanyakan kegiatan yang sebelumnya dilakukan, dan berdoa
d)     PK Menampilkan rasa menghargai kepada anggota kelompok dengan hangat, tulus, bersedia membantu, menerima tanpa syarat, dan pemahaman yang penuh empati.
2)      Membangun understanding
a)      PK Memberikan motivasi kepada anggota kelompok untuk dapat terbuka kepada seluruh anggota kelompok lainnya dalam menyampaikan pendapat dan perasaan mereka dengan bebas.
b)      PK Memberikan pemahaman kepada anggota kelompok bahwa kegiatan konseling kelompok ini dapat memberikan manfaat dalam penyelesaian permasalahannya secara kelompok sehingga diharapkan mereka dapat mengungkapkan keluhan, mencurahkan segala isi hatinya tanpa paksaan dengan terbuka
3)      Menetapkan struktur konseling kelompok
a)      PK menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan layanan konseling kelompok yang akan dilakukan
b)      PK Menentukan kesepakatan waktu layanan konseling kelompok
4)      Membangun norma kelompok
a)      PK membuat aturan berjalannya konseling kelompok dengan persetujuan anggota kelompok agar proses konseling berjalan lancar
b)      PK memberikan penjelasan mengenai asas-asas dalam konseling kelompok (kerahasiaan yaitu menuntut dirahasiakannya segenap data dan keterangan tentang konseli yang menjadi anggota kelompok dalam konseling kelompok, kekinian yaitu menghendaki agar layanan konseling kelompok didasarkan pada masalah konseli dalam kondisinya yang sedang dihadapinya sekarang, kesukarelaan yaitu menghendaki adanya kesukaan dan kerelaan konseli/ anggota kelompok mengikuti kegiatan konseling kelompok tanpa adanya paksaan, keterbukaan yaitu menghendaki agar konseli/ anggota kelompok bersikap terbuka dan tidak berpura-pura, kegiatan yaitu menghendaki agar anggota kelompok/ konseli yang menjadi sasaran konseling kelompok berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaran tersebut, kenormatifan yaitu menghendaki agar segenap kegiatan konseling kelompok didasarkan pada nilai dan norma yang berlaku yaitu norma agama; hukum dan peraturan; adat istiadat; ilmu pengetahuan; dan kebiasaan yang berlaku).
5)      Mengembangkan interaksi positif
a)      PK meminta anggota kelompok untuk berperan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok yang akan dilakukan dengan memberi dorongan kepada seluruh anggota kelompok
b)      PK meminta anggota kelompok bersama-sama untuk harus menunjukkan sikap interaksi yang baik dan adanya komunikasi dengan timbal balik yang positif
6)      Mengatasi kekhawatiran, prasangka, dan ketidaknyamanan yang muncul diantara para anggota kelompok
a)      PK Mengingatkan kembali bahwa di dalam bimbingan kelompok memiliki asas kerahasiaan (tidak menceritakan perilaku dan permasalahan anggota di luar kelompok) sehingga anggota kelompok tidak perlu merasa takut dan ragu
b)      PK memberikan dorongan kepada anggota kelompok untuk saling percaya satu sama lain dalam kegiatan konseling kelompok

b.      Tahap Transisi
1)      Mengingatkan kembali apa yang telah disepakati pada sesi sebelumnya
PK mengingatkan anggota kelompok terkait kesepakatan proses konseling yang harus di jalani bersama.
2)      Membantu peserta untuk mengekspresikan dirinya secara unik, terbuka dan mandiri
PK memberikan kesempatan dan penguatan kepada anggota kelompojk untuk mampu mengekspresikan dirinya
3)      Memberi contoh bagaimana mengeskpresikan pikiran dan perasaan
PK mampu memberikan contoh mengekpresikan pikiran dan perasaan dengan baik
4)      Memberi contoh bagaimana mendengarkan secara aktif sehingga dapat memahami orang lain dengan baik.
PK memberikan contoh mendengarkan aktif yang baik dan benar kepada anggota kelompok

c.       Tahap Inti
1)      Mengeksplorasi masalah
PK menanyakan berbagai permasalahan anggota kelompok secara bergilir. PK bersama anggota kelompok, menggali permasalahan agar masalah yang sebenarnya dapat diketahui faktor penyebabnya.
2)      Memusatkan perhatian pada pencapaian tujuan
PK bersama anggota kelompok merumuskan tujuan yang hendak dicapai dalam proses konseling kelompok dan kemudain PK mengarahkan anggota kelompok agar mampu memusatkan arah konseling pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan
3)      Implementasi teknik kontrak perilaku
a)      PK memiilih perilaku yang akan diubah dengan melakukan analisis ABC (Antecedent, Behavior, Consequence).
Analisis ABC (Antecedent, Behavior, Consequence) yaitu analisis untuk memilih perilaku anak yang akan diubah yang dimulai dari Antecedent (pencetus perilaku) kemudian Behavior yang berarti perilaku yang dipermasalahkan mencakup tipe tangkah laku, frekuensi perilaku, dan durasi perilaku. Consequence merupakan konsekuensi atau akibat dari perilaku tersebut.
b)      PK menentukan data awal (baseline data) atau perilaku yang akan diubah
Data awal (baseline data) didapat dari data perilaku setelah melakukan analisis ABC yang akan dibandingkan dengan data perilaku setelah intervensi.
c)      PK menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan
PK menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan untuk diberikan kepada anak. Bentuk-bentuk penguatan yang baik untuk diterapkan pada anak yaitu penguatan positif dapat berupa hadiah (permen, kado, makanan, stiker, bintang, dan lain-lain), perilaku (senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol), atau penghargaan lainnya.
d)     PK memberikan reinforcement setiap kali perilaku yang diinginkan, ditampilkan sesuai jadwal kontrak
Reinforcement atau penguatan merupakan rangsangan yang diberikan kepada anak atas perkembangan positif yang ditunjukkan oleh anak. Penguatan seharusnya diberikan segera setelah muncul perilaku atau respons siswa yang diharapkan. Penundaan pemberian penguatan cenderung kurang efektif untuk merubah perilaku anak.
e)      PK memberikan penguatan setiap saat perilaku yang ditampilkan menetap
Penguatan juga diberikan saat anak sudah menampilkan perilaku positif secara konsisten. Hal tersebut dilakukan agar usaha anak merasa dihargai dan untuk memberikan motivasi kepada anak untuk tetap berperilaku positif.

d.      Tahap Pengakhiran
1)      Refleksi kegiatan layanan konseling kelompok
Memfasilitasi para anggota kelompok melakukan refleksi dan berbagi pengalaman tentang apa yang telah dipelajari melalui kegiatan kelompok
2)      Rencana tindak lanjut
PK dan anggota kelompok melakukan rencana perubahan perilaku serta bagaimana memanfaatkan apa-apa yang telah dipelajari dalam layanan konseling kelompok dan merencanakan pertemuan selanjutnya apabila diperlukan.

2.      Pascakegiatan Konseling Kelompok

a.       Evaluasi
1)      Menetapkan materi evaluasi
a)      Materi evaluasi ditetapkan dengan evaluasi proses, yaitu dengan melihat partisipasi dan keaktifan anggota kelompok selama kegiatan berlangsung, dan evaluasi proses juga dilakukan untuk melihat kinerja PK dan waktu pelaksanaan
c)    Materi evaluasi ditetapkan dengan evaluasi hasil, yaitu dengan melihat pemahaman, perasaan, dan rencana tindak lanjut anggota kelompok terhadap topik yang dibahas
2)      Menetapkan prosedur evaluasi
(1)   Evaluasi proses
(a)    PK menentukan aspek yang akan diukur
(b)   PK membuat format penilaian proses
(2)   Evaluasi hasil
PK membuat kriteria keberhasilan berupa perkembangan positif yang terjadi pada diri anggota kelompok
3)      Menyusun instrumen evaluasi
a)      Evaluasi proses
(1)   Membuat lembar evaluasi proses yang berisi partisipasi dan keaktifan anggota kelompok selama kegiatan berlangsung dan kinerja PK dalam memberikan konseling kelompok
(2) Membuat angket kepuasan anggota kelompok terhadap layanan konseling kelompok
b)      Evaluasi hasil
PK membuat lembar penilaian segera (laiseg) yang berisi pertanyaan tentang pemahaman, perasaan, dan rencana tindak lanjut setelah melaksanakan konseling kelompok
4)      Mengoptimalkan instrumen evaluasi
Melaksanakan kegiatan setiap rancangan instrumen yang telah ditentukan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai
5)      Mengolah hasil aplikasi instrumen
Setiap hasil kegiatan dalam penyusunan instrument evaluasi PK menganalisis guna menentukan instrument pada tahap berikutnya.
6)      Menetapkan norma atau hasil evaluasi
Setelah melakukan evaluasi menentukan norma hasil evaluasi dengan melihat perkembangan dan pemahaman yang terjadi pada seluuh anggota kelompok.
7)      Melakukan analisis hasil evaluasi
Menganalisis hasil evaluasi yang berupa perkembangan kelompok.
8)      Penafsiran hasil analisis
Membuat rangkuman hasil analisis kemudian menafsirkan berdasarkan hasil analisis apakah pembahasan topik perlu dilanjutkan atau tidak.

b.      Menetapkan tindak anjut
1)      Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
(1) Mengadakaan Konseling kelompok selanjutnya jika diperlukan
(2) Membuat kegiatan berupa layanan dengan mengikutsertakan anggota yang besangkutan secara aktif hingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai
2)      Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak yang terkait
PK mengemukakan tindak lanjut dari kegiatan konseling kelompok yang sekiranya membutuhkan tindak lanjut kepada pihak yang bersangkutan.
3)      Melaksanakan rencana tindak lanjut
PK bersama anggota kelompok melaksanakan rencana tindak lanjut yang telah disusun

c.       Penyusunan laporan konseling kelompok
1)      Penyusunan laporan konseling kelompok
Membuat laporan yang berisi seluruh kegiatan yang telah dilakukan mulai dari pelaksanaan yang berupa pendahuluan, trransisi, inti, dan penutup.
2)      Menyampaikan kepada pihak terkait
Laporan yang telah disusun disampaikan kepada pihak yang bersangkutan seperti kepala sekolah, koordinator bimbingan dan konseling
3)      Mendokumentasikan laporan layanan
4)      Membuat dokumentasi layanan dalam bentuk laporan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan layanan konseling kelompok

Mengetahui,                                                                Yogyakarta, 12 Juli 2019
Kepala Sekolah                                                           Guru Bimbingan dan Konseling



Drs. H. Suprihandono, M.M.                                      Beny Arifin Efendi, S.Pd
NBM. 949.476                                                            NBM. 1331259



LEMBAR RINGKASAN
SESI KONSELING KELOMPOK

A.    Identitas Anggota Kelompok
Nama Siswa / Kelas         :

















B.     Pertemuan
             1.     Hari/Tanggal    : ……………………………………………………………
             2.     Pertemuan-ke  : ……………………………………………………………
C.     Eksplorasi Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.    Sintesis Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E.     Diagnosa Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

F.      Alternatif Pemecahan Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
G.     Putusan pemecahan masalah dan implementasinya
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
H.    Rencana layanan lanjutan (follow up)
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Yogyakarta, 12 Juli 2019
Observer,


Beny Arifin Efendi, S.Pd
NBM. 1331259







INSTRUMEN PENILAIAN PROSES
KONSELING KELOMPOK

Hari/Tanggal    : .........................................................            
Topik                           : .........................................................                        
Pemberi Layanan        : .........................................................

Petunjuk
Berilah tanda checklist (√) pada aspek yang dilakukan pada anggota kelompok berdasarkan hasil pengamatan selama mengikuti layanan konseling kelompok!
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Catatan
Partisipasi berpendapat
Memberikan solusi
Interaksi akrab dengan AK lain
Mengembang-kan hubungan positif
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1










2










3










4










5










6










Catatan:



Yogyakarta,    Juli 2019
Observer,


(..........................................)
 

PENILAIAN HASIL
LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Nama/Kelas                   : .........................................................
Pemberi Layanan           : .........................................................
Hari/Tanggal                  : .........................................................

Petunjuk: Berikan jawaban dengan cara memberi tanda cek (√) pada salah satu jawaban yang paling sesuai, dengan pilihan jawaban sebagai berikut:
0                        : Sangat Tidak Sesuai
1                        : Kurang Sesuai
2                        : Sesuai
3            : Sangat Sesuai

Aspek/Pernyataan
Skor
0
1
2
3
1
Saya dapat mengidentifikasi permasalahan yang saya miliki dan permasalahan yang dimiliki anggota kelompok lainnya

2
Saya bingung merumuskan permasalahan yang dialami oleh saya serta anggota kelompok yang lain

3
Saya dapat menemukan manfaat dan kegunaan dari kegiatan konseling kelompok

4
Saya dapat merumuskan mana yang seharusnya saya lakukan dan mana yang tidak saya lakukan.

5
Saya merasa senang setelah melaksanakan konseling kelompok, karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

6
Saya antusias mengikuti konseling kelompok ini karena saya merasa dihargai dalam kegiatan ini.

7
Saya tertarik mengikuti konseling kelompok ini karena permasalahan yang saya alami dapat didiskusikan bersama serta mendapatkan solusi sehingga permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

8
Saya menikmati layanan konseling kelompok ini karena saya dapat membedakan mana yang baik dan tidak baik untuk di lakukan.

9
Saya dapat menyusun langkah-langkah yang akan saya lakukan setelah mengikuti layanan konseling kelompok sebagai dasar untuk bertindak dan berperilaku lebih baik.

10
Saya bingung merencanakan tindakan saya selanjutnya setelah mengikuti layanan konseling kelompok

11
Saya akan memperbaiki kelemahan saya dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki.

12
Saya dapat membedakan mana etika yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.    Kemukakan apa yang anda peroleh setelah proses konseling kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Bagaimana perasaan anda setelah mengikuti proses konseling kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Apa rencana yang akan anda lakukan setelah mengikuti proses konseling kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Yogyakarta,    Juli 2019
Konseli,



(…………………………………)












LEMBAR KEPUASAN SISWA TERHADAP KONSELING KELOMPOK

Nama/Kelas                 : ………………………………………....
Hari/Tanggal               : …………………………………………
Topik                           : …………………………………………
Nama PK                    : …………………………………………

Petunjuk:
1. Bacalah secara teliti
2. Berilah tanda centang (Ö) pada kolom jawaban yang tersedia
No.
Aspek yang dinilai
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Kurang Memuaskan
1.
Penerimaan guru BK terhadap kehadiran anda



2.
Waktu yang disediakan untuk konseling kelompok



3.
Kesempatan yang diberikan guru BK kepada Anda untuk menyampaikan pendapat/ide



4.
Kepercayaan Anda terhadap guru BK dalam layanan konseling kelompok



5.
Hasil yang diperoleh dari konseling kelompok



6.
Kenyamanan dalam pelaksanaan konseling kelompok



Jumlah

Skor


Yogyakarta,   Juli 2019
Anggota kelompok,



(................................................)



LAPORAN PELAKSANAAN, EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
KONSELING KELOMPOK

A.    Topik Permasalahan      : ....................................................................................................

B.     Spesifikasi Kegiatan
1.      Bidang Bimbingan    : ....................................................................................................
2.      Jenis Layanan           : ....................................................................................................
3.      Fungsi Layanan        : ....................................................................................................
4.      Sasaran Layanan       : ....................................................................................................

C.    Pelaksanaan Layanan
1.      Waktu/Tanggal         : ....................................................................................................
2.      Tempat                      : ....................................................................................................
3.      Deskripsi Pelaksanaan Layanan
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.    Evaluasi
1.      Cara penilaian
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Penilaian proses
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Penilaian hasil
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E.     Deskripsi Hasil Layanan
1.      Penilaian proses
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Penilaian hasil
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

F.     Analisis Hasil Penilaian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
G.    Tindak Lanjut
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
DAFTAR HADIR
KONSELING KELOMPOK

Hari/Tanggal               : .............................................................................
Pemberi Layanan        : .............................................................................

No.
Nama Peserta Didik
Tanda Tangan
1

1.       
2

2.                   
3

3.       
4

4.     
5

5.
6

6.

Yogyakarta, 12 Juli 2019
Guru BK


Beny Arifin Efendi, S.Pd
NBM. 1331259

Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...