RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING
KELOMPOK
SEMESTER
GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
A
|
Komponen
Layanan
|
Layanan
responsif
|
B
|
Bidang
Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Fungsi
Layanan
|
Pengembangan
dan Pengentasan
|
D
|
Hari,
Tanggal
|
September
|
E
|
Pertemuan
Ke-
|
1
(satu)
|
Tujuan
|
1.
Mengubah perilaku konseli yang
tidak adaptif menjadi perilaku yang adaptif.
2.
Untuk memotivasi adanya perubahan
perilaku, maka diperlukan kondisi-kondisi yang mengikat demi tercapainya
perilaku yang dikehendaki
3.
Membantu konseli dalam membentuk
perilaku tertentu yang diinginkan dan memperoleh ganjaran tertentu
|
|
F
|
Nama
Konseli
|
A,
B, C, D, dan E
|
G
|
Waktu
|
2
x 45 menit
|
H
|
Kelas
|
XI
|
I
|
Tempat
|
Ruang
BK
|
J
|
Topik
Permasalahan
|
|
K
|
Media
yang diperlukan
|
Kertas
HVS, pena, dan beberapa buku bacaan untuk reward
|
L
|
Sumber
Bacaan
|
Natawidjaja,
Rohman. 2009. Konseling Kelompok:
Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Pzress
Komalasari,
Gantina dan Karsih Eka Wahyuni. 2011. Teori
dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks
|
M
|
Pendekatan/teknik
|
Behavior/Kontrak
Perilaku
|
Tahapan Kerja
|
||
1.
Pelaksanaan
|
||
a.
Tahap Awal
|
1)
Membangun hubungan baik (rapport)
PK harus membina hubungan baik dengan
anggota kelompok dengan cara:
a)
PK Menyambut anggota kelompok
dengan hangat dan rileks
b)
Melakukan perkenalan Pemimpin
Kelompok (PK) kepada anggota kelompok
c)
PK Melaksanakan pengakraban
dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, menanyakan kegiatan yang
sebelumnya dilakukan, dan berdoa
d)
PK Menampilkan rasa menghargai
kepada anggota kelompok dengan hangat, tulus, bersedia membantu, menerima
tanpa syarat, dan pemahaman yang penuh empati.
2)
Membangun understanding
a)
PK Memberikan motivasi kepada
anggota kelompok untuk dapat terbuka kepada seluruh anggota kelompok lainnya
dalam menyampaikan pendapat dan perasaan mereka dengan bebas.
b)
PK Memberikan pemahaman kepada
anggota kelompok bahwa kegiatan konseling kelompok ini dapat memberikan
manfaat dalam penyelesaian permasalahannya secara kelompok sehingga
diharapkan mereka dapat mengungkapkan keluhan, mencurahkan segala isi hatinya
tanpa paksaan dengan terbuka
3) Menetapkan
struktur konseling kelompok
a)
PK menjelaskan langkah-langkah
pelaksanaan layanan konseling kelompok yang akan dilakukan
b)
PK Menentukan kesepakatan waktu
layanan konseling kelompok
4)
Membangun norma kelompok
a)
PK membuat aturan berjalannya
konseling kelompok dengan persetujuan anggota kelompok agar proses konseling
berjalan lancar
b)
PK memberikan penjelasan mengenai
asas-asas dalam konseling kelompok (kerahasiaan yaitu menuntut
dirahasiakannya segenap data dan keterangan tentang konseli yang menjadi
anggota kelompok dalam konseling kelompok, kekinian yaitu menghendaki agar
layanan konseling kelompok didasarkan pada masalah konseli dalam kondisinya
yang sedang dihadapinya sekarang, kesukarelaan yaitu menghendaki adanya
kesukaan dan kerelaan konseli/ anggota kelompok mengikuti kegiatan konseling
kelompok tanpa adanya paksaan, keterbukaan yaitu menghendaki agar konseli/
anggota kelompok bersikap terbuka dan tidak berpura-pura, kegiatan yaitu
menghendaki agar anggota kelompok/ konseli yang menjadi sasaran konseling
kelompok berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaran tersebut,
kenormatifan yaitu menghendaki agar segenap kegiatan konseling kelompok
didasarkan pada nilai dan norma yang berlaku yaitu norma agama; hukum dan
peraturan; adat istiadat; ilmu pengetahuan; dan kebiasaan yang berlaku).
5)
Mengembangkan interaksi positif
a)
PK meminta anggota kelompok untuk
berperan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok yang akan dilakukan
dengan memberi dorongan kepada seluruh anggota kelompok
b)
PK meminta anggota kelompok
bersama-sama untuk harus menunjukkan sikap interaksi yang baik dan adanya
komunikasi dengan timbal balik yang positif
6)
Mengatasi kekhawatiran, prasangka, dan ketidaknyamanan yang muncul
diantara para anggota kelompok
a)
PK Mengingatkan kembali bahwa di
dalam bimbingan kelompok memiliki asas kerahasiaan (tidak menceritakan
perilaku dan permasalahan anggota di luar kelompok) sehingga anggota kelompok
tidak perlu merasa takut dan ragu
b)
PK memberikan dorongan kepada
anggota kelompok untuk saling percaya satu sama lain dalam kegiatan konseling
kelompok
|
|
b.
Tahap Transisi
|
1)
Mengingatkan kembali apa yang telah disepakati pada sesi sebelumnya
PK
mengingatkan anggota kelompok terkait kesepakatan proses konseling yang harus
di jalani bersama.
2)
Membantu peserta untuk mengekspresikan dirinya secara unik, terbuka dan
mandiri
PK
memberikan kesempatan dan penguatan kepada anggota kelompojk untuk mampu
mengekspresikan dirinya
3)
Memberi contoh bagaimana mengeskpresikan pikiran dan perasaan
PK mampu
memberikan contoh mengekpresikan pikiran dan perasaan dengan baik
4)
Memberi contoh bagaimana mendengarkan secara aktif sehingga dapat
memahami orang lain dengan baik.
PK
memberikan contoh mendengarkan aktif yang baik dan benar kepada anggota kelompok
|
|
c.
Tahap Inti
|
1)
Mengeksplorasi masalah
PK menanyakan berbagai permasalahan
anggota kelompok secara bergilir. PK bersama anggota kelompok, menggali
permasalahan agar masalah yang sebenarnya dapat diketahui faktor penyebabnya.
2)
Memusatkan perhatian pada
pencapaian tujuan
PK bersama anggota kelompok merumuskan
tujuan yang hendak dicapai dalam proses konseling kelompok dan kemudain PK
mengarahkan anggota kelompok agar mampu memusatkan arah konseling pada
pencapaian tujuan yang telah ditetapkan
3)
Implementasi teknik kontrak
perilaku
a)
PK memiilih perilaku yang akan
diubah dengan melakukan analisis ABC (Antecedent,
Behavior, Consequence).
Analisis ABC (Antecedent, Behavior,
Consequence) yaitu analisis untuk memilih perilaku anak yang akan diubah yang
dimulai dari Antecedent (pencetus perilaku) kemudian Behavior yang berarti
perilaku yang dipermasalahkan mencakup tipe tangkah laku, frekuensi perilaku,
dan durasi perilaku. Consequence merupakan konsekuensi atau akibat dari
perilaku tersebut.
b)
PK menentukan data awal (baseline data) atau perilaku yang akan
diubah
Data awal (baseline data) didapat dari data perilaku setelah melakukan
analisis ABC yang akan dibandingkan dengan data perilaku setelah intervensi.
c)
PK menentukan jenis penguatan
yang akan diterapkan
PK menentukan jenis penguatan yang
akan diterapkan untuk diberikan kepada anak. Bentuk-bentuk penguatan yang
baik untuk diterapkan pada anak yaitu penguatan positif dapat berupa hadiah
(permen, kado, makanan, stiker, bintang, dan lain-lain), perilaku (senyum,
menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol),
atau penghargaan lainnya.
d)
PK memberikan reinforcement setiap kali perilaku
yang diinginkan, ditampilkan sesuai jadwal kontrak
Reinforcement
atau
penguatan merupakan rangsangan yang diberikan kepada anak atas perkembangan
positif yang ditunjukkan oleh anak. Penguatan seharusnya diberikan segera
setelah muncul perilaku atau respons siswa yang diharapkan. Penundaan
pemberian penguatan cenderung kurang efektif untuk merubah perilaku anak.
e)
PK memberikan penguatan setiap
saat perilaku yang ditampilkan menetap
Penguatan juga diberikan saat anak
sudah menampilkan perilaku positif secara konsisten. Hal tersebut dilakukan
agar usaha anak merasa dihargai dan untuk memberikan motivasi kepada anak
untuk tetap berperilaku positif.
|
|
d.
Tahap Pengakhiran
|
1)
Refleksi kegiatan layanan
konseling kelompok
Memfasilitasi
para anggota kelompok melakukan refleksi dan berbagi pengalaman tentang apa
yang telah dipelajari melalui kegiatan kelompok
2)
Rencana tindak lanjut
PK dan
anggota kelompok melakukan rencana perubahan perilaku serta bagaimana memanfaatkan apa-apa yang telah
dipelajari dalam layanan
konseling kelompok dan merencanakan pertemuan selanjutnya apabila diperlukan.
|
|
2. Pascakegiatan Konseling Kelompok
|
||
a.
Evaluasi
|
1)
Menetapkan materi evaluasi
a)
Materi evaluasi ditetapkan dengan
evaluasi proses, yaitu dengan melihat partisipasi dan keaktifan anggota
kelompok selama kegiatan berlangsung, dan evaluasi proses juga dilakukan
untuk melihat kinerja PK dan waktu pelaksanaan
c)
Materi evaluasi ditetapkan dengan
evaluasi hasil, yaitu dengan melihat pemahaman, perasaan, dan rencana tindak
lanjut anggota kelompok terhadap topik yang dibahas
2)
Menetapkan prosedur evaluasi
(1)
Evaluasi proses
(a)
PK menentukan aspek yang akan
diukur
(b)
PK membuat format penilaian
proses
(2)
Evaluasi hasil
PK membuat kriteria keberhasilan
berupa perkembangan positif yang terjadi pada diri anggota kelompok
3)
Menyusun instrumen evaluasi
a)
Evaluasi proses
(1)
Membuat lembar evaluasi proses
yang berisi partisipasi dan keaktifan anggota kelompok selama kegiatan
berlangsung dan kinerja PK dalam memberikan konseling kelompok
(2) Membuat
angket kepuasan anggota kelompok terhadap layanan konseling kelompok
b)
Evaluasi hasil
PK membuat lembar penilaian segera
(laiseg) yang berisi pertanyaan tentang pemahaman, perasaan, dan rencana
tindak lanjut setelah melaksanakan konseling kelompok
4)
Mengoptimalkan instrumen evaluasi
Melaksanakan kegiatan setiap rancangan
instrumen yang telah ditentukan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat
tercapai
5)
Mengolah hasil aplikasi instrumen
Setiap hasil kegiatan dalam penyusunan
instrument evaluasi PK menganalisis guna menentukan instrument pada tahap
berikutnya.
6)
Menetapkan norma atau hasil
evaluasi
Setelah melakukan evaluasi menentukan
norma hasil evaluasi dengan melihat perkembangan dan pemahaman yang terjadi
pada seluuh anggota kelompok.
7)
Melakukan analisis hasil evaluasi
Menganalisis hasil evaluasi yang
berupa perkembangan kelompok.
8)
Penafsiran hasil analisis
Membuat rangkuman hasil analisis
kemudian menafsirkan berdasarkan hasil analisis apakah pembahasan topik perlu
dilanjutkan atau tidak.
|
|
b.
Menetapkan tindak anjut
|
1)
Menetapkan jenis dan arah tindak
lanjut
(1) Mengadakaan
Konseling kelompok selanjutnya jika diperlukan
(2) Membuat
kegiatan berupa layanan dengan mengikutsertakan anggota yang besangkutan
secara aktif hingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai
2)
Mengkomunikasikan rencana tindak
lanjut kepada pihak yang terkait
PK mengemukakan tindak lanjut dari
kegiatan konseling kelompok yang sekiranya membutuhkan tindak lanjut kepada
pihak yang bersangkutan.
3)
Melaksanakan rencana tindak
lanjut
PK bersama anggota kelompok
melaksanakan rencana tindak lanjut yang telah disusun
|
|
c.
Penyusunan laporan konseling
kelompok
|
1)
Penyusunan laporan konseling
kelompok
Membuat laporan yang berisi seluruh kegiatan
yang telah dilakukan mulai dari pelaksanaan yang berupa pendahuluan,
trransisi, inti, dan penutup.
2)
Menyampaikan kepada pihak terkait
Laporan yang telah disusun disampaikan
kepada pihak yang bersangkutan seperti kepala sekolah, koordinator bimbingan
dan konseling
3)
Mendokumentasikan laporan layanan
4)
Membuat dokumentasi layanan dalam
bentuk laporan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan layanan konseling
kelompok
|
Mengetahui, Yogyakarta,
12 Juli 2019
Kepala Sekolah Guru
Bimbingan dan Konseling
Drs. H. Suprihandono, M.M. Beny Arifin Efendi, S.Pd
NBM. 949.476 NBM.
1331259
LEMBAR
RINGKASAN
SESI
KONSELING KELOMPOK
A.
Identitas Anggota Kelompok
Nama Siswa / Kelas :
B.
Pertemuan
1. Hari/Tanggal : ……………………………………………………………
2. Pertemuan-ke : ……………………………………………………………
C.
Eksplorasi Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.
Sintesis Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E.
Diagnosa Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
F.
Alternatif Pemecahan Masalah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
G.
Putusan
pemecahan masalah dan implementasinya
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
H.
Rencana layanan lanjutan (follow up)
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Yogyakarta, 12 Juli 2019
Observer,
Beny Arifin
Efendi, S.Pd
NBM. 1331259
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
KONSELING
KELOMPOK
Hari/Tanggal :
.........................................................
Topik :
.........................................................
Pemberi
Layanan :
.........................................................
Petunjuk
Berilah tanda checklist (√) pada aspek yang
dilakukan pada anggota kelompok berdasarkan hasil pengamatan selama mengikuti
layanan konseling kelompok!
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Catatan
|
|||||||
Partisipasi
berpendapat
|
Memberikan solusi
|
Interaksi akrab
dengan AK lain
|
Mengembang-kan
hubungan positif
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
Catatan:
|
|
PENILAIAN HASIL
LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Nama/Kelas : .........................................................
Pemberi Layanan : .........................................................
Hari/Tanggal :
.........................................................
Petunjuk: Berikan jawaban
dengan cara memberi tanda cek (√)
pada salah satu jawaban yang paling sesuai, dengan pilihan jawaban sebagai
berikut:
0 : Sangat Tidak Sesuai
1 : Kurang Sesuai
2 : Sesuai
3
: Sangat
Sesuai
Aspek/Pernyataan
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Saya dapat mengidentifikasi permasalahan yang saya miliki dan permasalahan yang dimiliki anggota
kelompok lainnya
|
||||
2
|
Saya bingung merumuskan permasalahan yang
dialami oleh saya serta anggota kelompok yang lain
|
||||
3
|
Saya dapat menemukan manfaat dan kegunaan
dari kegiatan konseling
kelompok
|
||||
4
|
Saya dapat merumuskan mana yang
seharusnya saya lakukan dan mana yang tidak saya lakukan.
|
||||
5
|
Saya merasa senang setelah melaksanakan konseling
kelompok, karena dilakukan dengan cara yang
menyenangkan.
|
||||
6
|
Saya antusias mengikuti konseling kelompok ini karena saya merasa dihargai dalam kegiatan ini.
|
||||
7
|
Saya tertarik mengikuti konseling kelompok ini karena permasalahan yang saya alami dapat
didiskusikan bersama serta mendapatkan solusi sehingga permasalahan tersebut
dapat terselesaikan.
|
||||
8
|
Saya menikmati layanan konseling kelompok ini karena saya dapat membedakan mana yang baik dan
tidak baik untuk di lakukan.
|
||||
9
|
Saya dapat menyusun langkah-langkah yang akan
saya lakukan setelah mengikuti layanan konseling kelompok sebagai dasar untuk
bertindak dan berperilaku lebih baik.
|
||||
10
|
Saya bingung merencanakan tindakan saya
selanjutnya setelah mengikuti layanan konseling kelompok
|
||||
11
|
Saya akan memperbaiki kelemahan saya dan
mengembangkan kelebihan yang saya miliki.
|
||||
12
|
Saya dapat membedakan mana etika yang
baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.
|
Jawablah
pertanyaan berikut ini!
1.
Kemukakan apa yang anda peroleh setelah proses konseling
kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Bagaimana perasaan anda setelah
mengikuti proses konseling kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Apa rencana yang akan anda
lakukan setelah mengikuti proses konseling kelompok?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Yogyakarta, Juli 2019
Konseli,
(…………………………………)
LEMBAR KEPUASAN SISWA TERHADAP KONSELING
KELOMPOK
Nama/Kelas : ………………………………………....
Hari/Tanggal : …………………………………………
Topik : …………………………………………
Nama PK : …………………………………………
Petunjuk:
1. Bacalah secara teliti
2. Berilah tanda centang (Ö) pada kolom jawaban yang tersedia
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Sangat
Memuaskan
|
Memuaskan
|
Kurang
Memuaskan
|
1.
|
Penerimaan
guru BK terhadap kehadiran anda
|
|||
2.
|
Waktu
yang disediakan untuk konseling kelompok
|
|||
3.
|
Kesempatan
yang diberikan guru BK kepada Anda untuk menyampaikan pendapat/ide
|
|||
4.
|
Kepercayaan
Anda terhadap guru BK dalam layanan konseling kelompok
|
|||
5.
|
Hasil
yang diperoleh dari konseling kelompok
|
|||
6.
|
Kenyamanan
dalam pelaksanaan konseling kelompok
|
|||
Jumlah
|
||||
Skor
|
Yogyakarta, Juli 2019
Anggota kelompok,
(................................................)
LAPORAN
PELAKSANAAN, EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
KONSELING
KELOMPOK
A. Topik Permasalahan :
....................................................................................................
B. Spesifikasi Kegiatan
1.
Bidang
Bimbingan : ....................................................................................................
2.
Jenis
Layanan : ....................................................................................................
3.
Fungsi
Layanan : ....................................................................................................
4.
Sasaran
Layanan : ....................................................................................................
C. Pelaksanaan Layanan
1.
Waktu/Tanggal : ....................................................................................................
2.
Tempat : ....................................................................................................
3.
Deskripsi
Pelaksanaan Layanan
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D. Evaluasi
1.
Cara
penilaian
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Penilaian
proses
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Penilaian
hasil
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E. Deskripsi Hasil Layanan
1.
Penilaian
proses
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Penilaian
hasil
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
F. Analisis Hasil Penilaian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
G. Tindak Lanjut
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
DAFTAR HADIR
KONSELING KELOMPOK
Hari/Tanggal :
.............................................................................
Pemberi Layanan :
.............................................................................
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Tanda Tangan
|
1
|
1.
|
|
2
|
2.
|
|
3
|
3.
|
|
4
|
4.
|
|
5
|
5.
|
|
6
|
6.
|
Yogyakarta, 12 Juli 2019
Guru BK
Beny
Arifin Efendi, S.Pd
NBM.
1331259
Comments
Post a Comment