|

SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Tahun
Pelajaran 2019/2020
1.
TUGAS PERKEMBANGAN : Landasan Hidup Religius
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
Memahami dan meyakini secara
lebih luas dan mendalam kaidah-kaidah ajaran agama Islam dan
Kemuhammadiyahan.
2.
Berminat mempelajari arti dan
tujuan setiap bentuk ibadah
3.
Melakukan berbagai kegiatan
ibadah dengan kemauan sendiri
|
Pribadi
|
Pentingnya
agama
|
Peserta
didik mampu menjalankan Shalat Dzuhur berjamaah di sekolah
Peserta
didik mampu melaksanakan Tadarus Al-quran setiap pagi sebelum pelajaran
pertama di mulai disekolah
|
√
|
|
Bimbingan
Klasikal dan bimbingan kelompok
|
Observasi
|
1. https://mintotulus.wordpress.com/2013/01/17/bahagia-dengan-bersyukur-dan-berfikir-positif/
diunduh pada tanggal 26 Agustus pukul 20.00 WIB
2. https://pasberita.com/pengertian-hakikat-cara-bersyukur/
diunduh pada tanggal 26 Agustus pukul 20.10 WIB
3. Tim
Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap
Materi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing
|
Cara
Bersyukur agar hidup bahagia
|
||||||||
Keimanan
|
||||||||
Sabar
|
2.
TUGAS PERKEMBANGAN : Kematangan Emosional
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
|
Pribadi
|
Cara
mengemukakan pendapat di depan umum
|
Peserta didik mampu mengemukakan pendapat di depan
umum
|
|
√
|
Layanan
bimbingan klasikal
|
Observasi
dan wawancara
|
Komalasari,
Gantina. (2011)
Slamet
Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan
Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra
Publishing
|
|
Pribadi
|
Cara
mengatasi kecemasan
|
Peserta
didik mampu mengendalikan kecemasan disegala situasi
|
√
|
|
|||
|
Pribadi
|
Cara
menegndalikan emosi
|
Peserta
didik dapat mengendalikan emosinya
|
√
|
|
|||
|
Pribadi
|
Jenis-jenis
emosi
|
Peserta
didik dapat menjaga kestabilan emosinya
|
√
|
|
3.
TUGAS PERKEMBANGAN : Penerimaan diri dan pengembangannya
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
|
Pribadi
|
tips hidup bahagia dengan bersyukur
|
Peserta didik mampu menerima keadaan fisiknya
|
|
√
|
Layanan
bimbingan kelompok
|
Observasi
dan wawancara
|
Komalasari,
Gantina. (2011)
|
|
Pribadi
|
ayo
kendalikan mentalmu
|
Peserta
didik mampu menerima dan dapat mengendalikan kondisi mentalnya
|
|
√
|
|||
|
Pribadi
|
cara
sukses menggapai cita-cita
|
Peserta
didik mampu mengembangkan cita-cita
|
|
√
|
|||
|
Pribadi
|
maksimalkan
pribadimu
|
Peserta
didik mampu mengembangkan pribadi
|
|
√
|
4.
TUGAS PERKEMBANGAN : Kebiasaan Belajar
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
Menyusun waktu belajar
|
Belajar
|
Manajemen
waktu belajar
|
Peserta
didik mampu membuat jadwal belajarnya
|
√
|
|
Layanan
peminatan dan peencanaan individu
Layanan
bimbingan klasikal
Layanan
bimbingan kelompok
|
Observasi
dan
wawancara
|
Slamet
Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan
Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra
Publishing
|
2.
Menerapkan waktu belajar yang
efektif
|
Belajar
|
Belajar
efektif
|
Peserta
didik menerapkan jadwal belajar yang sudah disusun
|
√
|
|
|||
3.
Menerapkan cara belajar yang
tepat
|
Belajar
|
Disiplin
dalam belajar
|
Peserta
didik mempu menghargai waktu
belajarnya
|
√
|
|
|||
4.
menilai cara belajar tepat
|
Belajar
|
Belajar
efektif
|
Peserta
didik mampu menilai cara belajar tepat
|
√
|
|
5.
TUGAS PERKEMBANGAN : Merencankan Persiapan Karir
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1. menentukan jenis pekerjaan
|
Karir
|
pekerjaan yang ideal
|
Peserta
didik mampu menentukan jenis pekerjaan
|
|
√
|
Layanan
bimbingan klasikal
Layanan
bimbingan kelompok
|
Observasi
dan
wawancara
|
1.
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra Publishing
2.
Yuli Fajar Susetyo. 2011. Rahasia Sukses Menjadi Motivator Siswa.
Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
3.
Rochmanudin dan Marsudi. 2009. Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja Untuk
SMK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
|
2.mengendalikan kesungguhan belajar.
|
Karir
|
pentingnya
belajar
|
Peserta
didik mampu mengendalikan kesungguhan belajar.
|
|
√
|
|||
3. meningkatkan keahlianya
|
Belajar
|
mengembangkan
bakatmu dangan tepat
|
Peserta
didik mampu meningkatkan keahlianya
|
|
√
|
|||
4.
menyiapkan perencanna belajarnya
|
Belajar
|
menyiapkan
waktu belajar
|
Peserta
didik mampu menyiapkan perencanna belajarnya
|
|
√
|
6.
TUGAS PERKEMBANGAN : Masalah Karir
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
Mengembangkan dirinya ke arah
yang positif
|
Pribadi
|
Potensi diri
|
Peserta
didik dapat memahami dirinya sesuai dengan bakat dan minatnya
|
|
√
|
Layanan
konseling individu
|
Observasi
dan
wawancara
|
1.
Yuli Fajar Susetyo. 2011.
Rochmanudin dan Marsudi. 2009. Panduan
Lengkap Memasuki Dunia Kerja Untuk SMK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
2.
Tim Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap Materi Bimbingan dan
Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing
|
2.
Beradaptasi dengan lingkungan
sekitar
|
Karir
|
Penyesuain
diri
|
Peserta
didik bergaul dengan cerdas di lingkungannya
|
|
√
|
|||
3.
Membiasakan diri percaya terhadap
orang lain
|
Karir
|
Berpikir
positif
|
Peserta
didik mampu bersikap positif
|
|
√
|
|||
4.
Menerima kekurangan dan kelebihan
orang lain
|
Karir
|
Dewasa
itu, apa?
|
Peserta
didik mampu menerima orang lain dengan terbuka
|
|
√
|
7.
TUGAS PERKEMBANGAN : Ekonomi dan sosial
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
menahan diri untuk tidak meminjam
uang
|
Karir
|
Cara hidup hemat
|
Peserta
didik mampu menahan diri untuk tidak meminjam uang
|
|
√
|
Layanan
konseling kelompok
|
Observasi
dan wawancara
|
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling untuk SMK kelas XI. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
|
2.
mengendalikan
diri dan menerima sikap orangtuanya
|
pribadi
|
bagaimana
sikap kita yang benar kepada orang tua
|
Peserta
didik mampu mengendalikan diri dan menerima sikap orangtuanya
|
|
√
|
|||
3.
menerima kritikan dengan berpikir positif
|
Sosial
|
mengubah
kritikan menjadi motivasi untuk sukses
|
Peserta didik mampu menerima kritikan dengan
berpikir positif
|
|
√
|
8.
TUGAS PERKEMBANGAN : Masalah Masa Depan Jabatan
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
menyusun waktu belajar
|
Karir
|
Manajemen waktu belajar
|
Peserta
didik mampu menyusun waktu belajar
|
|
√
|
Layanan
konseling individu dan konseling kelompok
|
Observasi
dan
wawancara
|
Tim Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap Materi Bimbingan dan
Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing
|
2.
menerapkan waktu belajar yang efektif
|
Karir
|
Belajar efektif
|
Peserta
didik mampu menerapkan waktu belajar yang efektif
|
|
√
|
|||
3. mengklasifikasi pekerjaan sesuai dengan minat yang
dimiliki
|
Karir
|
Jenis-jenis
pekerjaan yang ada di sekitar
|
Peserta didik
mampu mengklasifikasi pekerjaan sesuai dengan minat yang dimiliki
|
|
√
|
|||
4.
mencari cara dalam meningkatkan keahlian yang dimiliki
|
karir
|
Kepribadian dan kecederungan karir
|
Peserta didik mampu mencari cara dalam
meningkatkan keahlian yang dimiliki
|
|
√
|
9.
TUGAS PERKEMBANGAN : Hubungan sosial
|
||||||||
Rumusan
Kompetensi
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Pengembangan
Kompetensi
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Pelaksanaa
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Semester
|
Layanan
|
|||||||
I
|
II
|
|||||||
1.
memahami pentinnya
organisasi
|
Pribadi
|
ayo manfaatkan masa mudamu dengan berorganisasi
|
Peserta
didik mampu memahami pentinnya organisasi
|
|
√
|
Layanan
bimbingan klasikal
Layanan
bimbingan kelompok
|
Observasi
dan wawancara
|
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling untuk SMK kelas XI. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
|
2. bergaul dengan lingkungan yang baru
|
Pribadi
|
cara bergaul dengan orang baru
|
Peserta
didik mampu bergaul
|
|
√
|
Comments
Post a Comment