Skip to main content

SILABUS BIMBINGAN KLASIKAL (CLASSROOM GUIDANCE


F/851/WKS2/20

12 Juli 2019

 
 


SILABUS BIMBINGAN KLASIKAL (CLASSROOM GUIDANCE)
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Tahun Pelajaran 2019/2020


1. TUGAS PERKEMBANGAN : Landasan Hidup Religius
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1.      Memahami dan meyakini secara lebih luas dan mendalam kaidah-kaidah ajaran agama Islam dan Kemuhammadiyahan.
2.      Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah
3.      Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
Pribadi
Pentingnya agama
Peserta didik mampu menjalankan Shalat Dzuhur berjamaah di sekolah

Peserta didik mampu melaksanakan Tadarus Al-quran setiap pagi sebelum pelajaran pertama di mulai disekolah






Bimbingan Klasikal dan bimbingan kelompok
Observasi
1.      https://mintotulus.wordpress.com/2013/01/17/bahagia-dengan-bersyukur-dan-berfikir-positif/ diunduh pada tanggal 26 Agustus pukul 20.00 WIB
2.      https://pasberita.com/pengertian-hakikat-cara-bersyukur/ diunduh pada tanggal 26 Agustus pukul 20.10 WIB
3.      Tim Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap Materi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing

Cara Bersyukur agar hidup bahagia
Keimanan
Sabar






2. TUGAS PERKEMBANGAN : Kematangan Emosional
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
  1. mengemukakan pendapat di depan umum
Pribadi
Cara mengemukakan pendapat di depan umum
Peserta didik mampu mengemukakan pendapat di depan umum






Layanan bimbingan klasikal

Observasi
dan wawancara
Komalasari, Gantina. (2011)
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra Publishing
  1. menegndalikan kecemasan disegala situasi
Pribadi
Cara mengatasi kecemasan

Peserta didik mampu mengendalikan kecemasan disegala situasi

  1. mengendalikan emosi
Pribadi
Cara menegndalikan emosi

Peserta didik dapat mengendalikan emosinya

  1. menjaga kestabilan emosi
Pribadi
Jenis-jenis emosi
Peserta didik dapat menjaga kestabilan emosinya



3. TUGAS PERKEMBANGAN : Penerimaan diri dan pengembangannya
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
  1. menerima keadaan fisiknya
Pribadi
tips hidup bahagia dengan bersyukur
Peserta didik mampu menerima keadaan fisiknya






Layanan bimbingan kelompok

Observasi
dan wawancara
Komalasari, Gantina. (2011)
  1. menerima dan dapat mengendalikan kondisi mentalnya
Pribadi
ayo kendalikan mentalmu
Peserta didik mampu menerima dan dapat mengendalikan kondisi mentalnya

  1. mengembangkan cita-cita
Pribadi
cara sukses menggapai cita-cita
Peserta didik mampu mengembangkan cita-cita

  1. mengembangkan pribadi
Pribadi
maksimalkan pribadimu
Peserta didik mampu mengembangkan pribadi





                                                                                                                                                     
4. TUGAS PERKEMBANGAN : Kebiasaan Belajar
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1.      Menyusun waktu belajar

Belajar
Manajemen waktu belajar
Peserta didik mampu membuat jadwal belajarnya






Layanan peminatan dan peencanaan individu
Layanan bimbingan klasikal
Layanan bimbingan kelompok

Observasi
dan wawancara
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra Publishing
2.      Menerapkan waktu belajar yang efektif

Belajar
Belajar efektif
Peserta didik menerapkan jadwal belajar yang sudah disusun

3.      Menerapkan cara belajar yang tepat

Belajar
Disiplin dalam belajar

Peserta didik  mempu menghargai waktu belajarnya

4.      menilai cara belajar tepat
Belajar
Belajar efektif

Peserta didik mampu menilai cara belajar tepat










5. TUGAS PERKEMBANGAN : Merencankan Persiapan Karir
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1. menentukan jenis pekerjaan
Karir
pekerjaan yang ideal
Peserta didik mampu menentukan jenis pekerjaan






Layanan bimbingan klasikal
Layanan bimbingan kelompok

Observasi
dan wawancara
1.      Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas X. Yogyakarta: Paramitra Publishing
2.      Yuli Fajar Susetyo. 2011. Rahasia Sukses Menjadi Motivator Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
3.      Rochmanudin dan Marsudi. 2009. Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja Untuk SMK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

2.mengendalikan kesungguhan belajar.
Karir
pentingnya belajar
Peserta didik mampu mengendalikan kesungguhan belajar.

3. meningkatkan keahlianya
Belajar
mengembangkan bakatmu dangan tepat
Peserta didik mampu meningkatkan keahlianya

4.   menyiapkan perencanna belajarnya
Belajar
menyiapkan waktu belajar
Peserta didik mampu menyiapkan perencanna belajarnya












6. TUGAS PERKEMBANGAN : Masalah  Karir
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1.   Mengembangkan dirinya ke arah yang positif

Pribadi
Potensi diri
Peserta didik dapat memahami dirinya sesuai dengan bakat dan minatnya






Layanan konseling individu

Observasi
dan wawancara
1.      Yuli Fajar Susetyo. 2011. Rochmanudin dan Marsudi. 2009. Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja Untuk SMK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
2.      Tim Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap Materi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing


2.      Beradaptasi dengan lingkungan sekitar

Karir
Penyesuain diri
Peserta didik bergaul dengan cerdas di lingkungannya

3.      Membiasakan diri percaya terhadap orang lain

Karir
Berpikir positif
Peserta didik  mampu bersikap positif

4.      Menerima kekurangan dan kelebihan orang lain

Karir
Dewasa itu, apa?
Peserta didik mampu menerima orang lain dengan terbuka








7. TUGAS PERKEMBANGAN : Ekonomi dan sosial
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1.   menahan diri untuk tidak meminjam uang
Karir
Cara hidup hemat
Peserta didik mampu menahan diri untuk tidak meminjam uang






Layanan konseling kelompok

Observasi
dan wawancara
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas XI. Yogyakarta: Paramitra Publishing.


2. mengendalikan diri dan menerima sikap orangtuanya
pribadi
bagaimana sikap kita yang benar kepada orang tua
Peserta didik mampu mengendalikan diri dan menerima sikap orangtuanya

3. menerima kritikan dengan berpikir positif
Sosial
mengubah kritikan menjadi motivasi untuk sukses
Peserta didik mampu menerima kritikan dengan berpikir positif










8. TUGAS PERKEMBANGAN : Masalah Masa Depan Jabatan
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1. menyusun waktu belajar
Karir
Manajemen waktu belajar

Peserta didik mampu menyusun waktu belajar






Layanan konseling individu dan konseling kelompok

Observasi
dan wawancara
Tim Paramita. (2011). Kumpulan Lengkap Materi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publishing






2. menerapkan waktu belajar yang efektif
Karir
Belajar efektif

Peserta didik mampu menerapkan waktu belajar yang efektif

3. mengklasifikasi pekerjaan sesuai dengan minat yang dimiliki
Karir
Jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar
Peserta didik mampu mengklasifikasi pekerjaan sesuai dengan minat yang dimiliki

4. mencari cara dalam meningkatkan keahlian yang dimiliki
karir
Kepribadian dan kecederungan karir

Peserta didik mampu mencari cara dalam meningkatkan keahlian yang dimiliki










9. TUGAS PERKEMBANGAN : Hubungan sosial
Rumusan
Kompetensi
Bidang
Bimbingan
Materi
Pengembangan
Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pelaksanaa
Teknik Penilaian
Sumber Belajar
Semester
Layanan
I
II
1. memahami pentinnya organisasi
Pribadi

ayo manfaatkan masa mudamu dengan berorganisasi
Peserta didik mampu memahami pentinnya organisasi






Layanan bimbingan klasikal
Layanan bimbingan kelompok

Observasi
dan wawancara
Slamet Riyadi, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK kelas XI. Yogyakarta: Paramitra Publishing.


2.  bergaul dengan lingkungan yang baru
Pribadi
cara bergaul dengan orang baru
Peserta didik mampu bergaul



Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...