Skip to main content

WORKSHEET MERANCANG PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING


WORKSHEET MERANCANG PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
 Merancang Deskripsi Kebutuah Layanan (Dasar untuk Program Tahun, Semesteran dan RPL)
No
Deskripsi Kebutuhan
Tujuan Layanan
Alternatif Layanan
Evaluasi Layanan
Landasan hidup religius (CONTOH)
1
Sabar
Mengembangkan pemikiran siswa tentang pentingnya sikap sabar
(disusun berdasarkan kata kerja operasional taksonomi bloom)
Layanan :
Bimbingan kelompok, Bimbingan Klasikal, dll
Teknik :
Diskusi Kelompok,
Problem Solving, Role Playing, Games, Latihan
Media :
Kliping /video/kartu kasus.
Materi bimbingan :
 “Sabar Itu Menentramkan Hati”
(Contoh)


Evaluasi Proses :
Observasi,
Evaluasi Hasil :
Angket, Wawancara, Studi Dokumentasi















No
Deskripsi Kebutuhan
Tujuan Layanan
Alternatif Layanan
Evaluasi Layanan

1


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :

___________________

2


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________

3


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________




No
Deskripsi Kebutuhan
Tujuan Layanan
Alternatif Layanan
Evaluasi Layanan

1


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :

___________________

2


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________

3


Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________


Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________




PROGRAM TAHUNAN
SMP/SMA/SMK LABSCHOOL UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN AJARAN 2016-2017
KELAS VIII (CONTOH)
NO
PROGRAM PENGEMBANGAN
BIDANG LAYANAN
KOMPONEN DAN STRATEGI LAYANAN
WAKTU
PELAKSANAAN
KOMPONEN
PROGRAM
STRATEGI LAYANAN
1
Pengembangan Program bimbingan dan konseling
Pribadi Sosial Belajar Karir
LAYANAN DASAR
1.       Bimbingana klasikal penyebaran asesmen
Tuliskan kapan program dimulai dan berakhir

15-31 Juli 2016
(Contoh)
2.       Bimbingan  Klasikal materi “ Sabar menentramkan” (Contoh)
3.        
4.        
LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN INDIVIDUAL
1.       Melakukan pemetaan kelas bagi siswa baru
2.       Menyediakan layanan konsultasi bagi siswa untuk menyesuaikan diri pada lingkunga yang baru (Contoh)
3.        
4.        
LAYANAN RESPONSIF
1.       Menyediakan layanan konseling individu untuk menyelesaikan masalah siswa. (Contoh)
2.        
3.        
4.        
DUKUNGAN SISTEM
1.       Kolaborasi dengan guru untuk asesmen (Contoh)
2.       Kolaborasi dengan orangtua untuk asesmen
3.       Penyusunan Program BK dan RPL BK




NO
PROGRAM PENGEMBANGAN
BIDANG LAYANAN
KOMPONEN DAN STRATEGI LAYANAN
WAKTU
PELAKSANAAN
KOMPONEN
PROGRAM
STRATEGI LAYANAN
1


LAYANAN DASAR
1.        

2.        
3.        
4.        
LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN INDIVIDUAL
1.        
2.        
3.        
4.        
LAYANAN RESPONSIF
1.        
2.        
3.        
4.        
DUKUNGAN SISTEM
1.        
2.        
3.        










PROGRAM TAHUNAN
SMP/SMA/SMK LABSCHOOL UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN AJARAN 2016-2017
SEMESTER GASAL
NO
PROGRAM LAYANAN
TUJUAN
BIDANG BIMBINGAN
STANDAR KOMPETENSI
TOLOK UKUR KEBERHASILAN
KOMPONEN
PROGRAM
STRATEGI LAYANAN
EVALUASI
WAKTU
PELAKSANA
1
Pengembangan
Program Bimbingan dan Konseling
Tuliskan tujuan umum menyesuaikan
Program Utama
Pribadi, Sosial, Belajar, Karir
Menyediakan layanan bk bagi seluruh siswa
100% siswa mendapattkan layanan BK
Layanan Dasar




Menyedialeyanan

Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual




Layanan Responsif



















Dukungan Sistem


2





















































STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK) PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH LANJUTAN PERTAMA

No
Aspek Perkembangan
Tataran/Internalisasi Tujuan
Pengenalan
Akomodasi
Tindakan
1
Landasan hidup religius
Mengenal arti dan tujuan ibadah
Berminat mempelajari arti dan tujuan ibadah
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
2
Landasan perilaku etis
Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilaku
Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya
Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku
3
Kematangan emosi
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan perasaan orasaan orang lain
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual
4
Kematangan intelektual
Mempelajari cara -cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi.
5
Kesadaran tanggung jawab sosial
Mempelajari cara- cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
Menghargai nilai- nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
6
Kesadaran gender
Mengenal peran- peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
sehari-hari
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis
7
Pengembangan diri
Mengenal kemampuan dan keinginan diri
Menerima keadaan diri secara positif
Meyakini keunikan diri sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan
8
Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan
sehari-hari.
Membiasakan diri hidup hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari -hari.
9
Wawasan dan kesiapan karier
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam dengan kemampuan diri
Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung relevansi dengn kemampuan diri
10
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
Mempelajari norma- norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
Bekerja sama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya






STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK) PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS

No
Aspek Perkembangan
Tataran/Internalisasi Tujuan
Pengenalan
Akomodasi
Tindakan
1
Landasan hidup religius
Mempelajari hal ihwal ibadah
Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama
Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi
2
Landasan perilaku etis
Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyaraakat
Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis
3
Kematangan emosi
Mempelajari cara -cara menghindari konflik dengan orang lain
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik
4
Kematangan intelektual
Mempelajari cara -cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara obyektif
5
Kesadaran tanggung jawab sosial
Mempelajari keragaman interaksi sosial
Menyadari nilai -nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi
sosial
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan
6
Kesadaran gender
Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan
Menghargai keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan keharmonisan hidup
Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran
7
Pengembangan diri
Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial
Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
8
Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
Mempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan kompetitif dalam keragaman kehidupan
Menerima nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset
untuk mencapai hidup mandiri
Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran
sendiri
9
Wawasan dan kesiapan karier
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang
terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah
Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir
Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir
10
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
Mempelajari cara-cara membina dan kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman
sebaya
Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan
dengan teman sebaya
Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku
11
Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga
Mengenal norma-norma pernikahan dan berkeluarga
Mengharagai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya
kehidupan masyarakat yang harmonis
Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan
berkeluarga


KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI REVISI TEORI BLOOM
RANAH KOGNITIF
Pengetahuan (Cl)
Pemahaman (C2)
Penerapan (C3)
Analisis (C4)
Sintesis (C5)
Penilaian (C6)
Mengutip
Memperkirakan
Menugaskan
Menganalisis
Mengabstraksi
Membandingkan
Menyebutkan
Menjelaskan
Mengurutkan
Mengaudit
Mengatur
Menyimpulkan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Menentukan
Memecahkan
Menganimasi
Menilai
Menggambar
Mencirikan
Menerapkan
Menegaskan
Mengumpulkan
Mengarahkan
Membilang
Merinci
Menyesuaikan
Mendeteksi
Mengkategorikan
Mengkritik
Mengidentiflkasi
Mengasosiasikan
Mengkalkulasi
Mendiagnosis
Mengkode
Menimbang
Mendaftar
Membandingkan
Memodifikasi
Menyeleksi
Mengkombinasikan
Memutuskan
Menunjukkan
Menghitung
Mengklasifikasi
Memerinci
Menyusun
Memisahkan
Memberi label
Mengkontrasikan
Menghitung
Menominasikan
Mengarang
Memprediksi
Memberi indek
Mengubah
Membangun
Mendiagramkan
Membangun
Memperjelas
Memasangkan
Mempertahankan
Mengurutkan
Mengkorelasikan
Menanggulangi
Menugaskan
Menamai
Menguraikan
Membiasakan
Merasionalkan
Menghubungkan
Menafsirkan
Menandai
Menjalin
Mencegah
Menguji
Menciptakan
Mempertahankan
Membaca
Membedakan
Menentukan
Mencerahkan
Mengkreasikan
Memerinci
Menyadap
Mendiskusikan
Menggambarkan
Menjelajah
Mengoreksi
Mengukur
Menghafal
Menggali
Menggunakan
Membagankan
Merancang
Merangkum
Menim
Mencontohkan
Menilai
Menyimpulkan
Merencanakan
Membuktikan
Mencatat
Menerangkan
Melatih
Menemukan
Mendikte
Memvalidasi
Mengulang
Mengemukakan
Menggali
Menelaah
Meningkatkan
Mengetes
Mereproduksi
Mempolakan
Mengemukakan
Memaksimalkan
Memperjelas
Mendukung
Meninjau
Memperluas
Mengadaptasi
Memerintahkan
Memfasilitasi
Memilih
Memilih
Menyimpulkan
Menyelidiki
Mengedit
Membentuk
Memproyeksikan
Menyatakan
Meramalkan
Mengoperasikan
Mengaitkan
Merumuskan
Mempelajari
Merangkum
Mempersoalkan
Memilih
Menggeneralisasi
Mentabulasi
Menjabarkan
Mengkonsepkan
Mengukur
Menggabungkan
Memberi kode
Melaksanakan
Melatih
Memadukan
Menelusuri
Meramalkan
Mentransfer
Membatasi
Menulis
Memproduksi
Mereparasi
Memproses
Mengaitkan
Menampilkan
Mensuimulasikan
Menyiapkan
Memecahkan
Memproduksi
Melakukan
Merangkum
Mentabulasi
Merekonstruksi
Menyusun
Memproses
meramalkan


RANAH AFEKTIF
Menerima
(A1)
Merespon
(A2)
Menghargai
(A3)
Mengorganisasikan
(A4)
Karakterisasi Menurut Nilai (A5)
Mengikuti
Menganut
Mematuhi
Meminati

Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Menekankan
Menyumbang
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
Membiasakan
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mengkualifikasi
Melayani
Membuktikan
Memecahkan


RANAH PSIKOMOTOR
Meniru
(P1)
Manipulasi
(P2)
Presisi
(P3)
Artikulasi
(P4)
Naturalisasi
(P5)
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
Kembali membuat
Membangun
Melakukan, Melaksanakan, Menerapkan

Menunjukkan
Melengkapi Menunjukkan, Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan
Membangun
Mengatasi Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan, Memodifikasi
Master
Mendesain
Menentukan
Mengelola
Menciptakan



PEDOMAN TEMA/TOPIK TIAP ASPEK PERKEMBANGAN DARI ITP


1.      Landasan Hidup Religius
a.      Sembahyang dan berdoa
b.      Belajar Agama
c.       Keimanan
d.      Sabar
2.      Landasan Perilaku Etis
a.      Jujur
b.      Hormat kepada orang tua
c.       Sikap Sopan dan santun
d.      Ketertiban dan kepatuhan
3.      Kematangan emosional
a.      Kebebasan dalam mengemukakan pendapat
b.      Tidak Cemas
c.       Pengendalian emosi
d.      Kemampuan menjaga stabilitas emosi
4.      Kematangan Intelektual
a.      Sikap Kritis
b.      Sikap Rasional
c.       Kemampuan membela hak pribadi
d.      Kemampuan menilai
5.      Kesadaran Tanggung jawab
a.      Mawas Diri
b.      Tanggung jawab atas tindakan pribadi
c.       Partisipasi pada lingkungan
d.      Disiplin
6.      Peran sosial sebagai pria dan wanita
a.      Perbedaan pokok laki-laki dan perempuan
b.      Peran sosial sesuai jenis kelamin
c.       Tingkah laku dan kegiatan sesuai dengan jenis kelamin
d.      Cita-cita sesuai dengan jenis kelamin
7.      Penerimaan diri dan pengembangannya
a.      Kondisi fisik
b.      Kondisi mental
c.       Pengembangan cita-cita
d.      Pengembangan pribadi
8.      Kemandirian perilaku ekonomis
a.      Upaya menghasilkan uang
b.      Sikap hemat dan menabung
c.       Bekerja keras dan ulet
d.      Tidak mengharap pemberian orang
9.      Wawasan dan persiapan karir
a.      Pemahaman jenis pekerjaan
b.      Kesungguhan belajar
c.       Upaya meniingkatkan keahlian
d.      Perencanaan belajar
10.  Kematangan hubungan dengan teman sebaya
a.      Pemahaman tingkah laku orang lain
b.      Kemampuan berempati
c.       Kerjasama
d.      Kemampuan hubungan sosial
11.  Persiapan diri Untuk Pernikahan dan Hidup Berkeluarga
a.      Pemilihan Pasangan/Teman hidup
b.      Kesiapan Menikah
c.       Membangun Keluarga
d.      Reproduksi Sehat

Sumber : Mamat Supriyatna, 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi



Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...