Skip to main content

CONTOH SOAL CPNS SKB FORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING 2019

CONTOH SOAL SELEKSI KOMPENSI BIDANG (SKB) FORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Program bimbingan di sekolah hendaknya.......

a. Bagian yang terpisah agar mudah mengaturnya

b. Bagian yang terintegrasi dari program pendidikan O

c. Adalah kegiatan bersifat sementara

d. Dilakukan oleh lembaga khusus bimbingan


2. Pengawasan dalam pelaksanaan bimbingan dilakukan dengan teratur agar kegiatan bimbingan dapat......

a. Terjamin keberhasilannya

b. Terkendali prosesnya

c. Tararah pada tujuan 

d. Mudah dilaksanakan


3. Upaya yang paling sesuai yang dapat dilakukan oleh guru apabila tidak bisa menangani masalah yang sudah menyangkut aspek-aspek kepribadian mendalam seperti masalah kesmen (kesehatan mental) pada muritnya adalah dengan cara.....

a. Diadakannya konferensi kasus

b. Bekerjas sama dengan guru PAI

c. Memberikan konseling secara mendalam

d. Membuat rekomendasi kepada ahli yang lebih kompeten O


4. Kegiatan berkunjung ke rumah orang tua peserta didik guna memperoleh infomasi mengenai kondisi peserta didik tersebut dinamakan kegiatan.........

a. Home visit O

b. Assesment

c. Analisis data

d. Panggilan orang tua


5. Layanan bantuan kepada peserta didik untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya adalah pengertian dari fungsi bimbingan dan konseling.......

a. Kuratif O

b. Pemahaman

c. Preventif

d. Penempatan


6. Layanan responsif adalah...

a. Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah-masalah yang telah dilalui dimasa lalu

b. Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah-masalah yang berbaikatan dengan masalah yang dihadapinya saat ini

c. Layanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan masalah-masalah pribadi

d. Layanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan masalah-masalah belajar

 

7. Sifat dari layanan responsif adalah

a. Afektif dan kuratif

b. Prefentif dan kuratif

c. Preventif dan remedial

d. Afektif dan remedial


8. Dalam pelaksanaan praktik bimbingan dan konseling, tahapan akhir yang paling tepat dilakukan seorang konselor apabila dia menyadari tidak dapat memberikan bantuan kepada peserta didik adalah...

a. Terus melanjutkan

b. Mengulangi kegiatan konseling

c. Mengakhiri hubungan konseling

d. Mengahkhiri untuk sesi ini


9. Kegiatan observasi dimana observer berada didalam situasi yang sedang diobservasi dinamakan dengan observasi.......

a. Observasi non partisipan

b. Observasi parsial

c. Observasi sistematis

d. Observasi partisipatif


10. Dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling, konselor wajib mencari data terkait demi terwujudnya proses konseling dengan baik. Dalam hal ini, salah satu teknik yang dapat digunakan dalam assesment atau pencarian dan pengumpulan data adalah dengan teknik angket. Berikut ciri khas dari angket adalah..

a. Pilihan jawaban bervariasi

b. Pengumpulan data dengan cara bertanya secara langsung

c. Kumpulan masalah

d. Pengumpulan data melalui daftar pertanyaan atau pernyataan tertulis yang disusun dan disebar


11. Kegiatan assesment data wajib dilakukan oleh seorang konselor. Kegiatan tersebut bisa menggunakan banyak teknik diantanya adalah teknik wawancara. Wawancara memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan diantaranya adalah kita bisa mengetahui secara langsung bagaimana cara orang tersebut menjawab. Berikut ini adalah contoh dari kelemahan wawancara adalah...

a. Tidak dapat di laksanakan terhadap setiap tingkatan umur

b. Banyak hal yang sulit di ungkap

c. Sangat tergantung dari kesediaan kedua belah pihak

d. sulit untuk dilaksanakan


12. sosiometri merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hal pengumpulan data bagi para konselor. Tujuan dari sosiometri adalah,,,,,,,,,

a. mengetahui prestasi siswa

b. mengetahui kondisi psikis siswa

c. memperoleh informasi mengenai hubungan atau interaksi sosial sesama teman

 


SUMBER:  HASIL HUNTING INTERNET




Comments

Popular posts from this blog

MEMBENTUK PRIBADI MANDIRI MATERI BK KLASIKAL

Pribadi mandiri menjadi keinginan banyak orang karena setiap individu memiliki peran, hak dan tanggung jawab dalam kehidupannya sehingga kemandirian dalam menjalani hidup menjadi sangat penting. Pribadi mandiri adalah pribadi yang mampu merencanakan, berperan, bertanggungjawab atas segala keputusan yang diambil dalam kehidupan. Tuntutan menjadi pribadi mandiri adalah tuntutan alamiah kehidupan namun tidak semua orang mampu menjalani hidup ini dengan kemandirian. Pribadi yang mandiri memiliki 1.        Visi Visi adalah cara pandang yang menjadi sumber arah dan gerak kedepan yang akan dilakukan Visi merupakan gambaran utuh atas masadepan yang diinginkan. Misal : Teknokrat yang unggul dan berahlaq mulia 2.        Misi Misi adalah sikap /tindakan untuk mewujudkan visi dalam bentuk kegiatan yang nyata Kegiatan-kegiatan nyata yang dapat mewujudkan cara pandang yang dianut/diinginkan Misal : Selalu bersemangat b...

CONTOH RPL KLASIKAL Meningkatkan rasa percaya diri

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 2 D.       Pelaksana                                  : G...

CONTOH RPL BIMBINGAN KLASIKAL PRIBADI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A   ­­­­­­­­­­­­­ A. Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Pribadi C Topik / Tema Layanan Tuhan selalu hadir di dalam hidupku D Fungsi L ayanan Pemahaman E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik / konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku 2.    Peserta didik / konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME 3.    Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME G Sasaran Layanan Kelas 7... H Materi Layanan 1.      Mengenal Tuhan 2....

CONTOH RPL KLASIKAL BK Sukses Menggapai Cita-Cita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.           IDENTITAS A.       Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B.        Tahun Ajaran                            : 2016 – 2017 C.        Sasaran Pelayanan                    : Siswa Kelas X I IPA 1 D.       Pelaksana                                  :...

CONTOH RPL KLASIKAL BK yuk jaga alam sekitar kita

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL TERJADWAL I.          Identitas A. Satuan Pendidikan                   : SMA N 5 Yogyakarta B. Tahun Ajaran                            : 201 6/2017 C. Sasaran Pelayanan                    : Siswa kelas XI IPA 2 D. Pelaksana                                 : Guru Bimbingan dan Konseling E. Pihak Terkait                  ...