RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Cara Belajar di Sekolah Baru
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli mampu memahami dan menerapkan cara belajar
yang baik di lingkungan sekolah baru
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik/konseli dapat
mengerti dan memahami tentang belajar dan arti penting belajar
2.
Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara mengulang/menghafal
serta membuat ringkasan pelajaran
3.
Peserta didik/konseli dapat memahami cara-cara belajar di sekolah dan di rumah
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
7..
|
H
|
Materi
|
1.
Pengertian belajar
2.
Cara-cara belajar di sekolah
3.
Membuat ringkasan dan
4.
Membaca yang baik
|
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 45 Menit
|
j
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk
2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi Itu Mudah. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama
3. Triyono,
Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal
Bimbingan dan Konseling bidang belajar, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power Point, Cara belajar di sekolah baru
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap Awal /Pedahuluan
|
||
a. Pernyataan Tujuan
|
1. Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta
didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
|
|
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1.
Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta
didik
2.
Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan
kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
|
|
c. Mengarahkan kegiatan
(konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan
dibicarakan
|
|
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
||
a.
Kegiatan
peserta didik
|
1. Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2. Melakukan
Brainstorming/curah
pendapat
3. Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.
Setiap kelompok mempresetasikan
tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian
sampai selesai.
|
|
|
b.
Kegiatan
Guru BK/Konselor
|
1.
Menayangkan media
slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.
Mengajak peserta didik untuk
brainstorming/curah pendapat
3.
Membagi kelas menjadi beberapa
kelompok (6 kelompok)
4.
Memberi tugas (untuk diskusi
kelompok)
5.
Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.
Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.
Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan hasil
kegiatan
2.
Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan
kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara
lisan
3.
Guru
BK memberi penguatan dan rencana tindak
lanjut
4.
Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK
atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan di
kertas yang sudah
disiapkan.
2. Mengamati sikap atau atusias peserta didik
dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati cara
peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara peserta didik dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi dengan
instrumen yang sudah disiapkan, antara lain :
1. Evaluasi tentang suasana pertemuan dengan
instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasi terhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasi terhadap cara Guru
BK dalam menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami
4. Evaluasi terhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi/Slide power
point
2.
Lembar kerja siswa
Sleman, 18 Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP Guru
BK
Drs. Konselor, M.Pd.Kons. Beny, S.Pd.,M.Pd.
NIP
19640209 199203 1 003
NIP 19990209 201503 1 001
Lampiran 1. Uraian Materi
CARA BELAJAR DI SEKOLAH BARU
Pengertian Belajar
Keberhasilan seseorang banyak dipengaruhi oleh bagaimana
cara belajar yang dilakukannya. Untuk itu kita harus memahami apa yang dimaksud
dengan belajar. Belajar adalah suatu kegiatan yang ditandai adanya perubahan
sikap pada seseorang, dari tidak bisa menjadi bisa dari tidak mengerti menjadi
mengerti, dari tidak trampil menjadi trampil.
Perubahan sikap tersebut mencakup :
§ Perubahan
pengetahuan (kognitif) yaitu dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa
menjadi bisa.
§ Perubahan sikap
(Afektif) dari perilaku negatif menjadi perilaku positif.
§ Perubahan
ketrampilan (psikomotor) dari tidak trampil menjadi trampil.
Belajar juga merupakan hasil dari pengalaman dan latihan yang
berkelanjutan. Agar belajar efektif dan mendapatkan hasil yang optimal, maka
perlu kita perhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan belajar.
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam belajar
Untuk memperoleh
belajar yang efektif dan hasil yang optimal, ada beberapa faktor yang harus
diperhatikan dalam belajar, seperti berikut :
1. Ada niat belajar
yang tertanam dalam diri.
2. Banyak membaca
bahan-bahan pelajaran baik buku pegangan yang ditentukan oleh sekolah maupun
buku penunjang, sehingga ilmu pengetahuna yang dimiliki semakin luas.
3. Memperbanyak
latihan-latihan, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan sekolah.
4. Waktu belajar
harus diatur sedemikian rupa, agar tidak menimbulkan kejenuhan.
5. Membuat jadwal
belajar latihan latihan serta melaksanakannya dengan penuh disiplin.
6. Mengkonsentrasikan
diri dalam belajar, karena hal ini sangat erat hubungannya dengan daya tangkap.
7. Tempat belajar
perlu diatur sedemikian rupa, agar tercipta lingkungan belajar yang enak dan
menyenangkan.
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal, tempat
berlangsungnya proses KBM atau kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan belajar disekolah
sangat tergantung dari cara belajar yang diterapkan siswa.
Berikut ini akan dibahas beberapa cara belajar siswa disekolah antara lain
:
1. Dalam Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan siswa, yaitu :
§ Menyiapkan diri sebelum
guru masuk kelas
§ Membiasakan diri berdo’a sebelum kegiatan belajar dimulai
§ Memperhatikan
penjelasan guru dengan penuh konsentrasi
§ Bertanya jika ada
penjelasan guru yang kurang jelas
§ Mencatat hal-hal
yang penting
§ Membuat rangkuman
§ Mau berdiskusi dengan
teman-teman terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari,hingga memperoleh
pemahaman dan kesamaan pendapat
2. Belajar mandiri /
sendiri
Belajar mandiri merupakan suatu proses belajar yang dilakukan oleh siswa
sendiri, membahas materi pelajaran dan dilakukan pada waktu jam-jam kosong
serta mendapat tugas dari guru, seperti membaca buku pelajaran, membuat
rangkuman, mengerjakan latihan dan lain-lain
3. Belajar Kelompok
Belajar kelompok merupakan belajar bersama-sama antara beberapa siswa,
membahas suatu materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Dalam kegiatan
belajar kelompok biasanya diadakan diskusi kelompok yaitu membahas suatu
persoalan bersma-sama dengan menampung dan menerima berbagai pendapat dari
teman-teman yang ikut dalam diskusi kelompok, kemudian dijadikan suatu
kesimpulan atau suatu pendapat .
Cara-cara belajar dirumah
Setelah kita mempelajari cara belajar di sekolah perlu
pula kita pelajari dan pahami cara belajar di rumah, mengingat belajar dirumah
waktunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan waktu belajar di sekolah yang
terbatas. Belajar dirumah bisa diatur
sesuai dengan situasi dan kondisi serta kemampuan kita. Namun sebaiknya
perlu kita perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut :
1. Mengatur waktu
belajar
Cara mengatur waktu belajar dirumah sangat penting.
Keteraturan belajar merupakan langkah utama keberhasilan, untuk itu buatlah
rencana belajar sesuai dengan waktu sekolah anda, misalnya Anda sekolah siang
hari, maka malam hari digunakan untuk mengerjakan PR dan tugas-tugas yang
diberikan oleh guru tadi siang. Kalau masih ada waktu baca catatan pelajaran
tadi siang mumpung masih hangat dalam ingatan supaya lebih dikuasai. Besuk pagi
digunakan untuk menyiapkan dan menghafal pelajaran besuk siang.
2. Mengulang
Pelajaran atau Menghafal
Menghafal atau mengulang pelajaran dapat dilakukan dengan cara membaca dan
menyimak buku pelajaran, terutama bahan-bahan pelajaran yang ada dibuku yang
akan dibahas besuk disekolah.
Berikut ini beberapa cara menghafal :
§ Memahami tujuan
materi pelajaran yang dihafal
§ Mengatur waktu
menghafal, karena otak memiliki keterbatasan
§ Menghafal
dilakukan secara terus menerus dan disiplin
§ Ciptakan suasana
tenang, karena dengan suasana tenang kita dapat menghafal dengan baik
§ Bila ada
kata-kata / kalimat yang sulit dihafal, dibaca dengan suasana nyaring
berulang-ulang
§ Istilah bahasa
latin hendaknya dibaca berulang-ulang sampai hafal menulis dan mengucapkannya
§ Rumus-rumus,
simbul-simbul dan logaritma dalam Matematika dan IPA harus sering diterapkan
dalam latihan, sehingga akhirnya dikuasai dan hafal.
3. Membuat Ringkasan
Dalam belajar dirumah selain mengatur waktu belajar dan
mengahafal pelajaran kita juga perlu membuat ringkasan. Beberapa cara
membuat ringkasan antara lain :
§ Menandai pada hal
yang dianggap pokok atau penting dari bahan pelajaran yang dibaca, dengan
menggaris bawahi.
§ Membuat kerangka
ringkasan / bagan berdasarkan hal – hal yang telah ditandai tersebut agar
memperoleh gambaran secara keseluruhan
4. Membaca dengan
Baik
Membaca bukan merupakan suatu pelajaran yang pasif, tapi
perlu usaha untuk dapat memahami dan mengerti apa yang dibaca. Karena itu dalam
membaca perlu ada suatu cara atau metode yang tepat, seperti berikut ini :
§ Bacalah secara
keseluruhan dari kalimat permulaan sampai bagian akhir, kemudian baca ulang
bagian-bagian pokok
§ Membuat
pertanyaan-pertanyaan sendiri, guna lebih memahami isi bacaan
§ Mengadakan
diskusi pribadi, berdialog dengan pikiran sendiri
§ Menguji seberapa
jauh hal-hal yang telah dibaca itu masih ada dalam ingatan dengan jawab atau
dengan mengerjakan latihan.
Mengerjakan Latihan latihan dan PR serta tugas yang
diberikan guru di sekolah untuk diselesaikan di rumah
Comments
Post a Comment