WORKSHEET MERANCANG PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Merancang
Deskripsi Kebutuah Layanan (Dasar untuk Program Tahun, Semesteran dan RPL)
No
|
Deskripsi Kebutuhan
|
Tujuan Layanan
|
Alternatif Layanan
|
Evaluasi Layanan
|
Landasan hidup religius (CONTOH)
|
||||
1
|
Sabar
|
Mengembangkan
pemikiran siswa tentang pentingnya sikap sabar
(disusun berdasarkan kata kerja
operasional taksonomi bloom)
|
Layanan :
Bimbingan
kelompok, Bimbingan Klasikal, dll
Teknik :
Diskusi
Kelompok,
Problem
Solving, Role Playing, Games, Latihan
Media :
Kliping
/video/kartu kasus.
Materi
bimbingan :
“Sabar Itu Menentramkan Hati”
(Contoh)
|
Evaluasi
Proses :
Observasi,
Evaluasi Hasil
:
Angket,
Wawancara, Studi Dokumentasi
|
No
|
Deskripsi Kebutuhan
|
Tujuan Layanan
|
Alternatif Layanan
|
Evaluasi Layanan
|
1
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
||
2
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
||
3
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
No
|
Deskripsi Kebutuhan
|
Tujuan Layanan
|
Alternatif Layanan
|
Evaluasi Layanan
|
1
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
||
2
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
||
3
|
Layanan :
__________________
Teknik :
__________________
Media :
__________________
Materi bimbingan :
__________________
|
Evaluasi Proses :
___________________
Evaluasi Hasil :
___________________
|
PROGRAM TAHUNAN
SMP/SMA/SMK LABSCHOOL
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN AJARAN 2016-2017
KELAS
VIII (CONTOH)
NO
|
PROGRAM PENGEMBANGAN
|
BIDANG LAYANAN
|
KOMPONEN DAN STRATEGI
LAYANAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
|
KOMPONEN
PROGRAM
|
STRATEGI LAYANAN
|
||||
1
|
Pengembangan Program bimbingan dan konseling
|
Pribadi Sosial Belajar Karir
|
LAYANAN DASAR
|
1.
Bimbingana klasikal penyebaran
asesmen
|
Tuliskan kapan program dimulai dan berakhir
15-31 Juli 2016
(Contoh)
|
2.
Bimbingan Klasikal materi “ Sabar menentramkan”
(Contoh)
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN
INDIVIDUAL
|
1.
Melakukan pemetaan kelas bagi
siswa baru
|
||||
2.
Menyediakan layanan konsultasi
bagi siswa untuk menyesuaikan diri pada lingkunga yang baru (Contoh)
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
LAYANAN RESPONSIF
|
1.
Menyediakan layanan konseling
individu untuk menyelesaikan masalah siswa. (Contoh)
|
||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
DUKUNGAN SISTEM
|
1.
Kolaborasi dengan guru untuk
asesmen (Contoh)
|
||||
2.
Kolaborasi dengan orangtua untuk
asesmen
|
|||||
3.
Penyusunan Program BK dan RPL BK
|
NO
|
PROGRAM PENGEMBANGAN
|
BIDANG LAYANAN
|
KOMPONEN DAN STRATEGI
LAYANAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
|
KOMPONEN
PROGRAM
|
STRATEGI LAYANAN
|
||||
1
|
LAYANAN DASAR
|
1.
|
|||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
LAYANAN PEMINATAN DAN
PERENCANAAN INDIVIDUAL
|
1.
|
||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
LAYANAN RESPONSIF
|
1.
|
||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
DUKUNGAN SISTEM
|
1.
|
||||
2.
|
|||||
3.
|
PROGRAM TAHUNAN
SMP/SMA/SMK LABSCHOOL
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN AJARAN 2016-2017
SEMESTER GASAL
|
||||||||||
NO
|
PROGRAM LAYANAN
|
TUJUAN
|
BIDANG BIMBINGAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
TOLOK UKUR KEBERHASILAN
|
KOMPONEN
PROGRAM
|
STRATEGI LAYANAN
|
EVALUASI
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1
|
Pengembangan
Program
Bimbingan dan Konseling
|
Tuliskan
tujuan umum menyesuaikan
Program
Utama
|
Pribadi,
Sosial, Belajar, Karir
|
Menyediakan
layanan bk bagi seluruh siswa
|
100%
siswa mendapattkan layanan BK
|
Layanan Dasar
|
||||
Menyedialeyanan
|
Layanan Peminatan dan
Perencanaan Individual
|
|||||||||
Layanan Responsif
|
||||||||||
Dukungan Sistem
|
||||||||||
2
|
No
|
Aspek Perkembangan
|
Tataran/Internalisasi Tujuan
|
||
Pengenalan
|
Akomodasi
|
Tindakan
|
||
1
|
Landasan
hidup religius
|
Mengenal arti dan tujuan ibadah
|
Berminat mempelajari arti dan tujuan
ibadah
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah
dengan kemauan sendiri
|
2
|
Landasan perilaku etis
|
Mengenal alasan perlunya mentaati
aturan/norma berperilaku
|
Memahami keragaman aturan/patokan dalam
berperilaku dalam konteks budaya
|
Bertindak atas pertimbangan diri
terhadap norma yang berlaku
|
3
|
Kematangan emosi
|
Mengenal cara-cara mengekspresikan
perasaan secara wajar
|
Memahami keragaman ekspresi perasaan
diri dan perasaan orasaan orang lain
|
Mengekspresikan perasaan atas dasar
pertimbangan kontekstual
|
4
|
Kematangan intelektual
|
Mempelajari cara -cara pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah
|
Menyadari adanya resiko dari pengambilan
keputusan
|
Mengambil keputusan berdasarkan
pertimbangan resiko yang mungkin terjadi.
|
5
|
Kesadaran
tanggung jawab sosial
|
Mempelajari cara- cara memperoleh hak
dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
|
Menghargai nilai- nilai persahabatan dan
keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
|
Berinteraksi dengan orang lain atas
dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
|
6
|
Kesadaran gender
|
Mengenal peran- peran sosial sebagai
laki-laki atau perempuan
|
Menghargai peranan diri dan orang lain
sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
sehari-hari |
Berinteraksi dengan lain jenis secara
kolaboratif dalam memerankan peran jenis
|
7
|
Pengembangan
diri
|
Mengenal kemampuan dan keinginan diri
|
Menerima keadaan diri secara positif
|
Meyakini keunikan diri sebagai aset yang
harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan
|
8
|
Perilaku kewirausahaan (kemandirian
perilaku ekonomis)
|
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat,
ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet
sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan
sehari-hari. |
Membiasakan diri hidup hemat, ulet
sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari -hari.
|
9
|
Wawasan dan kesiapan karier
|
Mengekspresikan ragam pekerjaan,
pendidikan dan aktivitas dalam dengan kemampuan diri
|
Menyadari keragaman nilai dan
persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
|
Mengidentifikasi ragam alternatif
pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung relevansi dengn kemampuan
diri
|
10
|
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
|
Mempelajari norma- norma pergaulan
dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
|
Menyadari keragaman latar belakang teman
sebaya yang mendasari pergaulan
|
Bekerja sama dengan teman sebaya yang
beragam latar belakangnya
|
STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK)
PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS
No
|
Aspek Perkembangan
|
Tataran/Internalisasi Tujuan
|
||
Pengenalan
|
Akomodasi
|
Tindakan
|
||
1
|
Landasan hidup religius
|
Mempelajari hal ihwal ibadah
|
Mengembangkan pemikiran tentang
kehidupan beragama
|
Melaksanakan ibadah
atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi
|
2
|
Landasan perilaku etis
|
Mengenal keragaman sumber norma yang
berlaku di masyaraakat
|
Menghargai
keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan
|
Berperilaku atas dasar keputusan yang
mempertimbangkan aspek-aspek etis
|
3
|
Kematangan emosi
|
Mempelajari cara -cara menghindari
konflik dengan orang lain
|
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi
perasaan diri sendiri dan orang lain
|
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara
yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik
|
4
|
Kematangan intelektual
|
Mempelajari cara -cara pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
|
Menyadari akan
keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya
|
Mengambil keputusan dan pemecahan
masalah atas dasar informasi/data secara obyektif
|
5
|
Kesadaran tanggung jawab sosial
|
Mempelajari keragaman interaksi sosial
|
Menyadari nilai
-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi
sosial |
Berinteraksi dengan
orang lain atas dasar kesamaan
|
6
|
Kesadaran gender
|
Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam
ragam kehidupan
|
Menghargai
keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan
keharmonisan hidup
|
Berkolaborasi
secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran
|
7
|
Pengembangan diri
|
Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial
|
Menerima keunikan
diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
|
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
|
8
|
Perilaku
kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
|
Mempelajari
strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan kompetitif
dalam keragaman kehidupan
|
Menerima
nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset
untuk mencapai hidup mandiri |
Menampilkan hidup
hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran
sendiri |
9
|
Wawasan dan kesiapan karier
|
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan
ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang
terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah |
Internalisasi
nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir
|
Mengembangkan
alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan
ragam karir
|
10
|
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
|
Mempelajari cara-cara membina dan
kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman
sebaya |
Menghargai nilai-nilai kerjasama dan
toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan
dengan teman sebaya |
Mempererat jalinan
persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku
|
11
|
Kesiapan diri untuk
menikah dan berkeluarga
|
Mengenal norma-norma pernikahan dan
berkeluarga
|
Mengharagai norma-norma pernikahan dan
berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya
kehidupan masyarakat yang harmonis |
Mengekspresikan keinginannya untuk
mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan
berkeluarga |
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI
REVISI TEORI BLOOM
RANAH KOGNITIF
Pengetahuan (Cl)
|
Pemahaman
(C2)
|
Penerapan
(C3)
|
Analisis
(C4)
|
Sintesis
(C5)
|
Penilaian
(C6)
|
Mengutip
|
Memperkirakan
|
Menugaskan
|
Menganalisis
|
Mengabstraksi
|
Membandingkan
|
Menyebutkan
|
Menjelaskan
|
Mengurutkan
|
Mengaudit
|
Mengatur
|
Menyimpulkan
|
Menjelaskan
|
Mengkategorikan
|
Menentukan
|
Memecahkan
|
Menganimasi
|
Menilai
|
Menggambar
|
Mencirikan
|
Menerapkan
|
Menegaskan
|
Mengumpulkan
|
Mengarahkan
|
Membilang
|
Merinci
|
Menyesuaikan
|
Mendeteksi
|
Mengkategorikan
|
Mengkritik
|
Mengidentiflkasi
|
Mengasosiasikan
|
Mengkalkulasi
|
Mendiagnosis
|
Mengkode
|
Menimbang
|
Mendaftar
|
Membandingkan
|
Memodifikasi
|
Menyeleksi
|
Mengkombinasikan
|
Memutuskan
|
Menunjukkan
|
Menghitung
|
Mengklasifikasi
|
Memerinci
|
Menyusun
|
Memisahkan
|
Memberi
label
|
Mengkontrasikan
|
Menghitung
|
Menominasikan
|
Mengarang
|
Memprediksi
|
Memberi
indek
|
Mengubah
|
Membangun
|
Mendiagramkan
|
Membangun
|
Memperjelas
|
Memasangkan
|
Mempertahankan
|
Mengurutkan
|
Mengkorelasikan
|
Menanggulangi
|
Menugaskan
|
Menamai
|
Menguraikan
|
Membiasakan
|
Merasionalkan
|
Menghubungkan
|
Menafsirkan
|
Menandai
|
Menjalin
|
Mencegah
|
Menguji
|
Menciptakan
|
Mempertahankan
|
Membaca
|
Membedakan
|
Menentukan
|
Mencerahkan
|
Mengkreasikan
|
Memerinci
|
Menyadap
|
Mendiskusikan
|
Menggambarkan
|
Menjelajah
|
Mengoreksi
|
Mengukur
|
Menghafal
|
Menggali
|
Menggunakan
|
Membagankan
|
Merancang
|
Merangkum
|
Menim
|
Mencontohkan
|
Menilai
|
Menyimpulkan
|
Merencanakan
|
Membuktikan
|
Mencatat
|
Menerangkan
|
Melatih
|
Menemukan
|
Mendikte
|
Memvalidasi
|
Mengulang
|
Mengemukakan
|
Menggali
|
Menelaah
|
Meningkatkan
|
Mengetes
|
Mereproduksi
|
Mempolakan
|
Mengemukakan
|
Memaksimalkan
|
Memperjelas
|
Mendukung
|
Meninjau
|
Memperluas
|
Mengadaptasi
|
Memerintahkan
|
Memfasilitasi
|
Memilih
|
Memilih
|
Menyimpulkan
|
Menyelidiki
|
Mengedit
|
Membentuk
|
Memproyeksikan
|
Menyatakan
|
Meramalkan
|
Mengoperasikan
|
Mengaitkan
|
Merumuskan
|
|
Mempelajari
|
Merangkum
|
Mempersoalkan
|
Memilih
|
Menggeneralisasi
|
|
Mentabulasi
|
Menjabarkan
|
Mengkonsepkan
|
Mengukur
|
Menggabungkan
|
|
Memberi
kode
|
Melaksanakan
|
Melatih
|
Memadukan
|
||
Menelusuri
|
Meramalkan
|
Mentransfer
|
Membatasi
|
||
Menulis
|
Memproduksi
|
Mereparasi
|
|||
Memproses
|
|||||
Mengaitkan
|
Menampilkan
|
||||
Mensuimulasikan
|
Menyiapkan
|
||||
Memecahkan
|
Memproduksi
|
||||
Melakukan
|
Merangkum
|
||||
Mentabulasi
|
Merekonstruksi
|
||||
Menyusun
|
|||||
Memproses
|
|||||
meramalkan
|
RANAH AFEKTIF
Menerima
(A1)
|
Merespon
(A2)
|
Menghargai
(A3)
|
Mengorganisasikan
(A4)
|
Karakterisasi Menurut Nilai (A5)
|
Mengikuti
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Menekankan
Menyumbang
|
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Membiasakan
Mengubah
perilaku
Berakhlak
mulia
Mempengaruhi
Mengkualifikasi
Melayani
Membuktikan
Memecahkan
|
RANAH PSIKOMOTOR
Meniru
(P1)
|
Manipulasi
(P2)
|
Presisi
(P3)
|
Artikulasi
(P4)
|
Naturalisasi
(P5)
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
|
Kembali
membuat
Membangun
Melakukan,
Melaksanakan, Menerapkan
|
Menunjukkan
Melengkapi
Menunjukkan, Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan
Merumuskan, Memodifikasi
Master
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
Menciptakan
|
PEDOMAN TEMA/TOPIK TIAP ASPEK PERKEMBANGAN DARI ITP
1. Landasan Hidup Religius
a. Sembahyang dan berdoa
b. Belajar Agama
c. Keimanan
d. Sabar
2. Landasan Perilaku Etis
a. Jujur
b. Hormat kepada orang tua
c. Sikap Sopan dan santun
d. Ketertiban dan kepatuhan
3. Kematangan emosional
a. Kebebasan dalam mengemukakan
pendapat
b. Tidak Cemas
c. Pengendalian emosi
d. Kemampuan menjaga stabilitas
emosi
4. Kematangan Intelektual
a. Sikap Kritis
b. Sikap Rasional
c. Kemampuan membela hak pribadi
d. Kemampuan menilai
5. Kesadaran Tanggung jawab
a. Mawas Diri
b. Tanggung jawab atas tindakan
pribadi
c. Partisipasi pada lingkungan
d. Disiplin
6. Peran sosial sebagai pria dan wanita
a. Perbedaan pokok laki-laki dan
perempuan
b. Peran sosial sesuai jenis
kelamin
c. Tingkah laku dan kegiatan sesuai
dengan jenis kelamin
d. Cita-cita sesuai dengan jenis
kelamin
7. Penerimaan diri dan pengembangannya
a. Kondisi fisik
b. Kondisi mental
c. Pengembangan cita-cita
d. Pengembangan pribadi
8. Kemandirian perilaku ekonomis
a. Upaya menghasilkan uang
b. Sikap hemat dan menabung
c. Bekerja keras dan ulet
d. Tidak mengharap pemberian
orang
9. Wawasan dan persiapan karir
a. Pemahaman jenis pekerjaan
b. Kesungguhan belajar
c. Upaya meniingkatkan keahlian
d. Perencanaan belajar
10. Kematangan hubungan dengan teman sebaya
a. Pemahaman tingkah laku orang
lain
b. Kemampuan berempati
c. Kerjasama
d. Kemampuan hubungan sosial
11. Persiapan diri Untuk Pernikahan dan Hidup Berkeluarga
a. Pemilihan Pasangan/Teman
hidup
b. Kesiapan Menikah
c. Membangun Keluarga
d. Reproduksi Sehat
Sumber
: Mamat Supriyatna, 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi
Comments
Post a Comment